detikNews
Minggu 02 Desember 2018, 21:16 WIB

Mobil Rombongan Pengantin Terguling di Tanjakan Panganten Garut

Hakim Ghani - detikNews
Mobil Rombongan Pengantin Terguling di Tanjakan Panganten Garut Foto: Istimewa
Garut - Kecelakaan terjadi di Tanjakan Panganten, Garut. Mobil elf yang membawa rombongan pengantin terguling. Sejumlah penumpang luka-luka.

Kecelakaan tunggal itu terjadi di Tanjakan Panganten, Cisandaan, Kecamatan Pamulihan, Minggu (02/12/2018) pagi.

Kecelakaan bermula saat kendaraan minibus L300 nopol D 7650 UA yang dikemudikan Wahdiat (54) melaju dari arah Garut menuju Pakenjeng.

"Terjadi kecelakaan kendaraan roda empat di Tanjakan Panganten," ujar AKP Gunawan, Kapolsek Pamulihan, dalam laporan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (02/12/2018) malam.

Kendaraan yang ditumpangi 19 orang, rombongan pengantar pengantin dari Kabupaten Bandung itu mengalami rem blong. Sopir diduga hilang kendali dan kendaraan terbalik.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Hanya saja, beberapa orang penumpang mengalami luka. "4 orang luka berat, 5 orang luka ringan," katanya.

Rombongan pengantin kecelakaan di Tanjakan Emen Garut. Barang hantaran pun rusak.Rombongan pengantin kecelakaan di Tanjakan Emen Garut. Barang hantaran pun rusak. Foto: Istimewa


Mitos Tanjakan Panganten sendiri telah melegenda di telinga masyarakat Garut sejak dulu. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, dahulu konon ada sepasang pengantin yang tewas di lokasi tersebut akibat kecelakaan. Sejak kejadian itu, warga kemudian menyuruh pengantin yang memasuki tanjakan untuk turun dan berjalan kaki.

Terlepas benar atau tidaknya mitos itu, Tanjakan Panganten merupakan jalan yang cukup berbahaya. Tanjakan tersebut memiliki medan yang terjal dengan turunan dan belokan yang menukik. Polisi mengimbau masyarakat yang melintas untuk hati-hati.

"Jadi mau dari arah Garut maupun dari arah sebaliknya, tetap harus hati-hati. Jalannya curam dan berbahaya," pungkas Gunawan.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed