Baru 4 Ribu Anak di Cirebon yang Punya KIA

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 29 Nov 2018 12:42 WIB
Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon membagikan 4 ribu Kartu Identitas Anak (KIA). Pembagian KIA tersebut merupakan tahap pertama.

Kepala Disdukcapil Kota Cirebon Sanusi mengatakan KIA diperuntukkan kepada anak berusia 0-17 tahun. Namun, lanjut dia, dalam klasifikasinya dibagi menjadi dua kategori, yakni untuk usia 0-5 tahun dan 5-17 tahun kurang sehari.

"Untuk KIA yang usianya 0-5 tahun itu tidak memakai foto. Sedangkan, untuk yang 5-17 tahun kurang sehari itu ada fotonya. Tahun ini kita bagikan 4 ribu KIA untuk anak-anak di Kota Cirebon," kata Sanusi usai menghadiri penyerahan KIA di kantor Disdukcapil Kota Cirebon, Kamis (29/11/2018).

Lebih lanjut, Sanusi menyebutkan, pencetakan 4 ribu KIA itu disesuaikan dengan ketersedian blangko. Menurut Sanusi, idealnya pada tahun ini Disdukcapil Kota Cirebon memberikan 6 ribu KIA. Sementara itu, lanjut dia, total anak di Kota Cirebon sebanyak 120 ribu jiwa.

"Nanti untuk 2 ribu KIA direncanakan menyusul dibagikan. Sesuai target kita, yakni 6 ribu KIA. Kendalanya itu ketersediaan blangko," ucap Sanusi.

Sanusi optimistis pencetakan dan pembagian KIA untuk 120 ribu di Kota Cirebon bakal rampung pada tahun depan. Bagi anak-anak yang memiliki KIA, lanjut Sanusi, mendapat manfaat khusus, seperti diskon di tempat bimbingan belajar dan toko buku.

"Diskonnya 5 sampai 10 persen bagi yang memiliki KIA, tentunya di toko buku tertentu saja. Kemudian kita juga bekerjasama dengan lembaga bimbangan belajar untuk memberikan diskon kepada anak yang memiliki KIA," ucapnya. (ern/ern)