Banjir Rendam Ratusan Rumah di Astanaanyar Bandung

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Astanaanyar Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Senin, 26 Nov 2018 17:03 WIB
Warga membersihkan area rumahnya yang karena banjir. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Warga membersihkan area rumahnya yang karena banjir. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Banjir setinggi hampir dua meter merendam ratusan rumah di Jalan Astanaanyar, Gang Tresnaasih RW 7, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Senin (26/11/2018) siang.

Ketua RW 7 Sutarsa mengatakan sebelum banjir ini hujan besar mengguyur di daerahnya dan wilayah Bandung Utara. Tak berselang lama air dari Sungai Citepus meluap sekitar pukul 12.45 WIB dan berangsur surut dua jam setelahnya.

"Tadi ketinggian air sampai 175 cm, di atas orang dewasa soalnya. Biasanya air sekaki, sekitar 50 cm," ujar Sutarsa di lokasi.

Menurutnya banjir yang terjadi di RT 1 dan RT 2 itu merendam hampir semua rumah. Bahkan salah seorang warga sempat terjebak di dalam rumah saat air meluap. Beruntung bisa diselamatkan.

"Kurang lebih di dua RT itu ada 118 Kepala Keluarga (KK). Paling parah di RT 2 karena paling bawah. Di RT 2 ada sekitar 52 KK," katanya.

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Astanaanyar BandungSungai Citepus (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Pantauan detikcom, pada Senin sore sejumlah warga masih berupaya membersihkan rumahnya yang terendam air. Air masuk ke dalam rumah bahkan di beberapa titik naik hingga ke lantai dua.

Selain membersihkan rumah dari sisa air dan lumpur, warga juga sibuk membersihkan sampah di jalanan yang terbawa saat banjir melanda.

Cita (59), salah seorang warga yang tinggal sejak tahun 80an di lokasi tersebut mengaku banjir kali ini beda dengan biasanya. Bahkan menurutnya ini adalah banjir terbesar dan paling cepat.

"Tadi air cepat datangnya. Biasanya sedikit-sedikit. Jadi kasur sama perabot banyak yang kerendam, enggak selamat," ujar Cita. (tro/bbn)