DetikNews
Rabu 21 November 2018, 16:17 WIB

55 Kendaraan Terjaring Operasi Cabut Pentil di Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
55 Kendaraan Terjaring Operasi Cabut Pentil di Bandung Mobil yang parkir sembarangan di Kota Bandung dicabut pentil bannya oleh petugas. (Foto: Dok. Tim OCP Bandung)
Bandung - Sebanyak 55 kendaraan terjaring Operasi Cabut Pentil (OCP) di Kota Bandung. Jumlah tersebut hasil operasi selama dua jam pada pagi hingga siang tadi.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan OCP akan terus gencar dilakukan untuk mengedukasi warga, pendatang dan wisatawan di Kota Bandung agar selalu tertib saat parkir.

"Spiritnya OCP ini adalah bagian dari upaya kita dalam mengurai kemacetan. Karena salah satu penyebab kemacetan adalah parkir sembarangan," ujar Oded, Rabu (21/11/2018).

Di sisi lain, OCP diharapkan membawa efek jera bagi pelanggar. Sehingga pengendara tak lagi parkir sembarangan yang dapat mengakibatkan kemacetan.

Petugas Dishub Kota Bandung mencabut pentil sepeda motor yang parkir di trotoar.Petugas Dishub Kota Bandung mencabut pentil sepeda motor yang parkir di trotoar. (Foto: Dok. Tim OCP Bandung)
Oded mengatakan selain melaksanakan penindakan, pemerintah akan gencar sosialisasi program OCP. Operasi berlangsung sejak pukul 10.45 hingga 12.45 WIB, tim menyusuri rute Jalan Dalem Kaum, Lengkong Kecil, Sunda, Veteran, Ahmad Yani, Cicaheum, Antapani, Jakarta dan Asia Afrika. Hasilnya 55 kendaraan terdiri 34 mobil dan 21 sepeda motor digembosi bannya oleh petugas dengan cara mencabut pentil.

Dari jumlah tersebut 26 kendaraan terkena sanksi cabut pentil dan sisanya imbauan. Kendaraan tersebut kedapatan parkir di trotoar (19 unit kendaraan), bawah rambu (11 unit), zebra cross (2 unit), bahu jalan (15 unit), halte (5 unit) dan di luar marka (3 unit).

"Mang Oded ingin membangun sebuah budaya disiplin di Kota Bandung. Kita terus sosialisasi dan edukasi soal ini. Jadi siapa pun yang di Bandung harus ikut aturan, seperti halnya kalau kita ke Jakarta ada ganjil genap atau dulu 3 in 1," ujar Oded.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed