DetikNews
Rabu 21 November 2018, 14:15 WIB

70 Ribu Rumah di Bandung Timur Segera Tersambung Air PDAM

Tri Ispranoto - detikNews
70 Ribu Rumah di Bandung Timur Segera Tersambung Air PDAM Wali Kota Bandung Oded M Danial sosialisasi soal PDAM. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - PDAM Tirtawening Kota Bandung menargetkan 70 Sambungan Rumah (SR) baru di wilayah Bandung timur pada tahun depan. Jumlah tersebut nantinya akan dilayani Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) regional Gedebage.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan pembangunan SPAM Gedebage telah dimulai sejak 2016. Bahkan pada 2018 ada tambahan dana pembangunan sekitar Rp 150 miliar.

Namun karena pekerjaan belum selesai, PDAM kembali mengajukan Rp 100 miliar ke Pemkot Bandung sebagai dana pendamping hibah dari Kementerian PUPR yang nilainya juga mencapai Rp 100 miliar.

"Maka, sekarang sedang dibahas di dewan. Mudah-mudahan saja, insyaallah tercapai," ujar Oded usai acara sosialisasi calon pelanggan SPAM Gedebage di Metro Indah Mal, Kota Bandung, Rabu (21/11/2018).

Menurut Oded, SPAM Gedebage berbeda dengan yang lain. Sebab air akan langsung tersambung ke rumah pelanggan. Sementara sambunga lain, air dari sumber mengalir ke Kantor PDAM Tirtawening di Badaksinga kemudian disalurkan ke pelanggan.

"Nah sekarang dari Cikalong (sumber air) langsung ke sini (SPAM Gedebage). Mudah-mudahan bisa lancar," katanya.

Oded berharap ke depan seluruh warga Kota Bandung bisa menikmati layanan air bersih dari PDAM. Sebab saat ini masih banyak warga yang belum terlayani karena keterbatasan anggaran.

"Kalau bicara pelayanan mah, imah Mang Oded oge can kalayani (rumah juga belum terlayani). Matak rumasa teu dibere cai ku (makanya merasa enggak dikasih air oleh) Mang Sonny (Dirut PDAM), Mang Oded nyieun sumber resapan weh. Alhamdullilah dengan sumber resapan tidak pernah kurang air," ujarnya.

Sementara itu Dirut PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi mengatakan air baku SPAM Gedebage berasal dari Cikalong dengan kapasitas 700 liter per detik.

"Itu setara dengan 70 ribu SR, dengan asumsi 1 SR sebanyak 5 jiwa maka dapat melayani sebanyak 350 ribu jiwa di wilayah Bandung timur," tutur Sony.

Saat ini, menurut Sonny, sudah terpasang jaringan utama sepanjang 9 kilometer yang akan dilanjutkan dengan pembangunan Distrik Meter Area (DMA) untuk wilayah timur mulai dari Pasar Kordon sampai Gedebage. Sehingga nantinya menyalurkan air untuk warga di 12 kelurahan.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed