DetikNews
Selasa 20 November 2018, 16:33 WIB

Cerita Warga Padalarang Detik-detik Puting Beliung Sapu Desanya

Rachmadi Rasyad - detikNews
Cerita Warga Padalarang Detik-detik Puting Beliung Sapu Desanya Foto: Rachmadi Rasyad
Bandung Barat - Ratusan rumah di Desa Cimerang Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, rusak disapu puting beliung, Senin sore (19/11/2018). Rata-rata rumah warga rusak bagian atap.

Pantauan detikcom di lokasi, saat ini sebagian besar rumah warga yang rusak ringan sudah diperbaiki. Sementara rumah warga yang rusak berat hingga nyaris roboh, ditinggalkan penghuninya. Puing-puing rumah berserakan.

Mamat Ayo (55), warga Desa Cimerang RT 3 RW 6, menceritakan detik-detik sebelum puting beliung muncul. Langit terlihat sangat gelap dan turun hujan kecil disertai petir.

"Langit gelap dulu. Gelap sekali. Terus hujan kecil ditambah petir. Lampu satu desa padam," tutur dia, Selasa (20/11/2018).



Setelah itu, hujan turun semakin deras disertai es dan puting beliung. "Pas makin gede angin puting beliung datang dan hujan es. Gak begitu lama anginnya sekitar 15 menitan," tutur dia.

Sementara itu dihubungi terpisah, petugas lapangan BPBD Bandung Barat Heri mengatakan bahwa saat ini rumah warga terdampak yang terdata 187.

Selain menyebabkan rumah warga mengalami kerusakan, dia pun menyebut satu orang warga mengalami luka ringan pada bagian kepalanya karena tertimpa batako.

"Satu orang luka tertimpa batako," ucap dia.

Dia pun mengimbau warga yang rumahnya rusak berat agar tidak mendekati bangunan sebab jika dilihat dari konstruksinya rawan roboh. Saat ini, warga yang rumahnya rusak berat telah diungsikan sementara ke rumah kerabat terdekatnya.

"Iya, imbauan untuk yang rumahnya rusak berat jangan mendekat karena kalau dilihat bangunan temboknya rawan roboh," imbau dia.



Tonton juga '32 Rumah Ambruk Diterjang Puting Beliung di Probolinggo':

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed