DetikNews
Selasa 20 November 2018, 12:15 WIB

Dua Pembobol ATM di Garut Ditangkap, 140 Kartu Disita

Hakim Ghani - detikNews
Dua Pembobol ATM di Garut Ditangkap, 140 Kartu Disita Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo
Garut - Polisi kembali mengamankan komplotan pembobol ATM yang melakukan aksinya di Garut pada Kamis (15/11) lalu. Dua orang telah diamankan, 3 lainnya masih buron. Sebanyak 140 kartu ATM hasil kejahatan disita.

"Sekarang tersangkanya sudah ada dua, seluruhnya ada lima orang. Tiga lainnya masih dalam pengejaran," ungkap Kapolres AKBP Budi Satria Wiguna kepada wartawan di kantornya, Jalan Sudirman, Karangpawitan, Selasa (20/11/2018).

Aksi pembobolan ATM terjadi di kawasan Jayaraga, Tarogong Kidul, Garut, Kamis lalu. Lima orang pelaku terciduk polisi saat menjalankan aksinya. Saat itu terjadi aksi kejar-kejaran antara petugas dan komplotan pencuri yang sempat membawa kabur uang curian Rp 10 juta.



Aksi kejar-kejaran berakhir di kawasan Jalan Merdeka, Tarogong Kidul, setelah polisi melepaskan tembakan ke arah ban mobil yang ditunggangi para pencuri. Empat orang berhasil kabur saat itu, sementara seorang lainnya ditangkap.

Budi mengatakan, pihaknya terus mengejar para pelaku. Sehari berselang, Sabtu (16/11) polisi mengamankan satu pelaku lagi saat tengah bersembunyi di kawasan Kecamatan Wanaraja. Polisi masih merahasiakan identitas pelaku untuk kepentingan penyelidikan.

"Barang bukti dan tersangka semua telah kami amankan. Untuk pelaku lainnya sudah kami ketahui identitasnya," ungkap Budi.

Dari tangan dua pelaku yang diamankan, polisi menyita 140 kartu ATM. Menurut pengakuan para pelaku, ratusan ATM itu merupakan hasil kejahatan selama tiga bulan terakhir di Jawa Barat.

"Ada 140 kartu ATM yang diamankan dari pelaku, ATM itu milik korban," katanya.

Komplotan pelaku pembobol ATM ini kerap beraksi di Garut. Modus mereka melakukan kejahatan dengan mengganjal lubang kartu ATM dengan tusuk gigi.

"Hati-hati kepada masyarakat, jangan memberitahukan PIN ATM kepada siapapun. Jika mengetahui ada modus seperti itu, segera lapor ke kami," pungkas Budi.




Tonton juga 'Cuma Butuh 1 jam, Komplotan ini Kuras Rp 673 Juta dari Mesin ATM':

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed