DetikNews
Sabtu 17 November 2018, 16:25 WIB

Orasi Ilmiah di Unisba, JK Bicara Ilmu dan Negara Islam

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Orasi Ilmiah di Unisba, JK Bicara Ilmu dan Negara Islam JK berbicara soal keilmuan dan negara Islam (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberi orasi ilmiah di hadapan wisudawan Universitas Islam Bandung. Dalam orasinya, JK berbicara tentang keilmuan dan negara islam.

Dalam orasi ilmiahnya di sidang terbuka senat Unisba di Jalan Tamansari, Kota Bandung, JK mengawali tentang pandangan ilmu islam. Menurutnya abad ke-10 masehi merupakan masa-masa kejayaan ilmu pengetahuan islam.

"Tetapi abad menengah ke 16-17 kebangkitan ilmu islam meredup, digantikan ilmu barat dan sampai sekarang ini menjadi pelopor dalam ahli keilmuan," ujar JK.

JK mengatakan tantangan ke depan yang dihadapi bangsa ialah revolusi industri. Menurutnya, perlu upaya yang besar guna meningkatkan keilmuan.

"Pada dewasa ini kita membutuhkan upaya yang besar untuk meningkatkan ilmu, masa lalu memang penting, tapi yang paling penting masa depan. Tanpa menguasai ilmu, maka masa depan tidak bisa kendalikan dan kuasai," ujarnya.

Menurut JK, penguasaan ilmu ini penting guna menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Apalagi kini Indonesia menghadapi revolusi industri 4.0 yang mana, sambung JK, revolusi itu menggunakan robot.

Menurut JK saat ini memang Indonesia tidak semua menyerap langsung revolusi industri 4.0 itu. Sebab daerah masih banyak mencampur dan tanaman belum banyak yang menggunakan mesin dalam pertaniannya.

"Revolusi industri saat ini, apabila kita tidak ikut serta, maka Indonesia akan ketinggalan, ilmu itu didapatkan di universitas, maka perguruan tinggi harus jadi pelopor. ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, JK juga berbicara tentang negara islam. JK bersyukur bangsa Indonesia yang mayoritas beragama islam hidup damai.

"Kita bersyukur Indonesia walaupun pernah mengalami konflik, tapi dewasa ini menjadi negara mayoritas islam yang damai dibanding yang lainnya 30 persen negara islam berkonflik pada dewasa ini, didukung oleh kegagalan negara yang menyebabkan kehancuran. Indonesia alhamdulilah ada kedamaian. Bahwa ada perbedaan pandangan, itu hal biasa dalam proses bernegara," katanya.



Simak video 'Tingkat Kelulusan CPNS Rendah, JK: Ada Gap Pendidikan':

[Gambas:Video 20detik]

Orasi Ilmiah di Unisba, JK Bicara Ilmu dan Negara Islam

(dir/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed