DetikNews
Sabtu 17 November 2018, 13:13 WIB

4 Ton Sampah Diangkut di Sungai Cisaraya Majalaya

Wisma Putra - detikNews
4 Ton Sampah Diangkut di Sungai Cisaraya Majalaya 4 ton sampah dinagkut petugas (Foto: Wisma Putra)
Bandung - Sebanyak empat ton sampah diangkut di aliran Sungai Cisaraya, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Jabar. Tumpukan sampah tersebut tersangkut di jembatan sungai.

Pantauan detikcom, Sabtu (17/11/2018), sampah yang didominasi oleh sampah plastik dan akar pohon ini diangkut oleh ratusan warga dan Anggota TNI Sektor 4 Citarum Harum.

Dua armada dump truk pengangkut sampah disiapkan oleh Dinas Lingkungan Kabupaten Bandung. Sampah-sampah itu sebelumnya menyumbat aliran Sungai Cisaraya dan diangkat untuk memperlancar aliran sungai.

"Sampah dialiran sungai ini tidak tentu, kalau sedang banjir kami bisa mengangkut 3-4 armada dalam sehari. Beratnya kurang lebih 4-5 ton sehari," kata Kepala UPTD Kebersihan wilayah 3 Ciparay Noor usai melakukan pengangkatan sampah.

Pengangkutan sampah ini dilakukan manual secara gotong royong menggunakan alat seadanya. Sampah-sampah itu diangkat dari aliran air dan dinaikkan ke dump truk.

"Sampah-sampah itu diangkat supaya aliran airnya tidak mampet. Sampah dari hulu mampet di jembatan ini," ujarnya.

Foto: Wisma Putra

Ia mengungkapkan sampah tersebut tidak diangkut dikhawatirkan berakibat banjir. Banjir itu menggenangi Jalan Raya Laswi Majalaya dengan ketinggian air yang cukup dalam.

"Sering terjadi banjir, banjirnya ke jalan. Kemarin ketinggiannya sampai 60 cm. Sampah disini beragam, rata-rata sampah rumah tangga," jelasnya.

Usai pengangkatan sampah itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. "Kami harap kepada warga, umumnya warga Majalaya tolong dalam hal sampah agar tertib untuk membuangnya," tutur dia.
(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed