Polisi Siapkan Tilang Dukung Operasi Cabut Pentil

Tri Ispranoto - detikNews
Jumat, 16 Nov 2018 16:13 WIB
Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Kepolisian akan melakukan koordinasi lebih jauh untuk menerapkan sanksi tambahan berupa tilang bagi pelanggar yang terjaring Operasi Cabut Pentil (OCP).

"Kalau di situ memang ada larangan parkir, dan kalau ada (kendaraan) yang parkir itu bisa dikenakan tilang," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema di sela-sela kegiatan OCP, Jumat (16/11/2018).

Untuk sementara dalam OCP akan diterapkan sanksi cabut pentil dan penempelan stiker sesuai dengan isi Keputusan Wali Kota (Kepwal) yang telah disosialisasikan sejak dua pekan lalu.

"Kita sudah koordinasi dengan pihak kejaksaan dan pengadilan untuk sanksi hukum (tilang) yang akan diberikan," katanya.



Sementara itu Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza Pratidina menjelaskan sanksi tilang belum akan diberlakukan. Sanksi yang diterapkan saat ini baru berupa teguran dan pencabutan pentil.

Khusus sanksi tilang, Reza mengatakan hal itu saat ini sedang dalam tahap perencanaan. Untuk sementara sanksi tambahan yang akan diterapkan adalah berupa penderekan dan denda yang dibayarkan langsung ke bank.

Disinggung soal titik-titik yang menjadi fokus penindakan, Reza mengatakan operasi akan dilakukan dihampir semua tempat terutama di pusat perniagaan, kuliner, perkantoran dan pendidikan.

"Fokus kita di sini adalah mereka yang melanggar rambu, parkir di tempat yang menyebabkan kemacetan, menutupi hydran, parkir di trotoar dan yang parkir 50 meter dari traffic light," beber Reza.


(tro/ern)