DetikNews
Rabu 14 November 2018, 17:45 WIB

Pelantikan Wali Kota Cirebon Dipercepat, Ridwan Kamil Tunggu Mendagri

Sudirman Wamad - detikNews
Pelantikan Wali Kota Cirebon Dipercepat, Ridwan Kamil Tunggu Mendagri Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Pemkot Cirebon meminta Pemprov Jabar untuk mempercepat pelantikan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon terpilih Nasrudin Azis-Eti Herawati.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah menerima pengajuan percepatan pelantikan tersebut. Saat ini, pria yang akrab disapa Emil itu mengaku telah mendiskusikan permohonan percepatan pelantikan dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Saya lagi diskusikan dengan Kemendagri soal waktunya. Memang benar ada ajuan untuk dipercepat (pelantikan)," kata Emil usai meninjau Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (14/11/2018).

Emil mengatakan keputusan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon terpilih itu berada di tangan Kemendagri. Pihaknya, saat ini tengah menunggu keputusan Kemendagri.

"Sebagai perwakilan pemerintah pusat, saya serahkan kebijakannya ke Kemendagri. Kalau suratnya saya belum cek, tapi secara lisan sudah saya laporkan ke Kemendagri," ucapnya.



Emil mengatakan pelaksanaan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon terpilih itu bisa dilakukan di Kota Cirebon. "Kalau pelantikan di Bandung kan karena jumlahnya bersamaan. Pelantikan di sini (Cirebon) tak masalah," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengungkapkan, Sekda, Asisten Pemerintahan, Kabag Pemerintahan dan Sekretaris Dewan Kota Cirebon telah menemuinya pada Rabu (7/11) kemarin. Mereka datang untuk melaporkan hasil pleno pengukuhan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon terpilih kepadanya.

"Mereka menyampaikan hasil pleno pengukuhan wali kota terpilih adalah Pak Azis dan Wakilnya Ibu Eti," kata Iwa, saat dihubungi, Kamis (8/11/2018).

Dalam pertemuan tersebut, kata Iwa, pihak Pemkot Cirebon juga menyampaikan bila seluruh syarat terkait pengkuhan pasangan kepala daerah terpilih telah selesai. Kemudian mereka berharap ada percepatan proses pelantikan mengingat ada agenda pembahasan APBD 2019 dan RPJMD 2018-2023.

Sekadar diketahui, Azis-Eti merupakan pasangan petahan yang diusung Demokrat, Nasdem, PKB, Hanura, dan PKPI. Azis-Eti berhasil menumbangkan pesaingnya Bamunas Budiman-Efendi Edo yang diusung PDI Perjuangan, Golkar, dan PPP. Azi-Eti berhasil meraih 80.496 suara. Sementara, Bamunas-Edo meraih 78.511 suara pada Pilwalkot Cirebon lalu.

Namun, Pasangan Bamunas-Edo menggugat hasil tersebut ke MK. Hingga akhirnya, MK memutuskan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilwalkot Cirebon di 24 TPS yang tersebar di empat kecamatan, yang digelar pada Sabtu (22/9/2018) silam. Azis-Eti memenangi PSU Pilwalkot Cirebon dan dikukuhkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon terpilih.




(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed