DetikNews
Rabu 14 November 2018, 17:31 WIB

Wanita Bandung Kekasih WN Irak Bantah Menipu dan Memeras

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Wanita Bandung Kekasih WN Irak Bantah Menipu dan Memeras Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - LE, wanita Bandung kekasih warga negara Irak Razwand Ahmed Ismael (29) angkat bicara. Dia membantah tuduhan Razwand yang menyebut ditipu, diporoti hingga dipekerjakan olehnya sebagai pemangkas rambut.

"Itu tidak benar, saya enggak moroti dia, enggak menipu dan tidak pernah meminta dia bekerja buat saya, dia yang minta dicarikan pekerjaan," ucap LE saat dihubungi, Rabu (14/11/2018).

Awal mula perkenalannya memang seperti yang diungkapkan Razwand. Keduanya berkenalan melalui media sosial Facebook hingga menjalin asmara.

LE memang awalnya mengaku belum pernah menikah. Hal itu diungkapkannya karena saat itu tengah kasmaran. Suatu ketika Razwand berujar kepada LE akan ingin datang ke Indonesia untuk menemuinya. Akhirnya pertemuan terjadi di Bandara Husein Sastranegara Februari lalu.

"Saat bertemu itu, saya akhirnya mengakui kalau sudah punya suami dan empat orang anak. Tapi memang hubungan saya dengan suami lagi renggang. Saya tanya ke dia, bagaimana dengan status saya seperti ini, masih mau apa tidak, dia jawabnya mau," katanya.

LE membantah dirinya memanfaatkan Razwand demi kebutuhan pribadinya. Satu-satunya biaya yang dikeluarkan Razwand padanya hanya saat mengajak LE dan anaknya ke sebuah tempat wisata di Lembang.

"Itupun habisnya cuma satu juta (rupiah). Kalau itu dipermasalahlan oleh dia, saya bisa kembalikan kok," katanya.

LE mengatakan uang Razwand habis untuk menutupi kebutuhannya sendiri. Dia menyewa apartemen, kos hingga membeli barang-barang dan untuk makan sehari-hari.

"Dia itu sukanya makanan timur tengah, kalau sekali belanja untuk masak Rp 400 ribu, dia yang belanja sendiri," ucapnya.

Kehidupan Razwand yang boros sudah diperingati oleh LE. Namun Razwand justru 'kekeuh' untuk membeli sejumlah barang. Duitnya pun habis hingga akhirnya dia meminta LE untuk mencarikannya pekerjaan.

"Saya yang nyari-nyari kerjaan buat dia. Karena saya tahu dia keahliannya pangkas rambut, saya cari kesana kemari salon yang mau menerima dia, akhirnya ada yang menerima dia. Jadi saya tegaskan bukan saya yang menyuruh, tapi dia sendiri yang minta dicarikan kerjaan," tuturnya.



LE mengaku tak tahu ada aturan soal warga negara asing bekerja di Indonesia. Hal itu baru diketahuinya saat Razwand diamankan petugas Imigrasi Bandung.

"Kalau saya tahu, dari dulu saya suruh dia di rumah saja. Ini karena saya enggak tahu," katanya.



Razwand sendiri diamankan pihak Imigrasi Bandung pada bulan Juli lalu. Dia diamankan lantaran melebihi batas tinggal dan bekerja di Indonesia tanpa izin.

Kasus Razwand naik ke persidangan. Dia dituntut hukuman 7 bulan bui atas dakwaan tunggal Pasal 122 huruf a Undang-undang RI nomor 5 tahun 2011 tentang keimigrasian. Dari dakwaan tunggal itu, jaksa telah menuntut Razwand hukuman 7 bulan bui.


(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed