DetikNews
Senin 12 November 2018, 21:30 WIB

Jual Landak dan Kukang, Mahasiswa di Majalengka Dibui

Sudirman Wamad - detikNews
Jual Landak dan Kukang, Mahasiswa di Majalengka Dibui Polres Majalengka mengungkap praktik perdagangan satwa dilindungi. (Foto: dok. Polres Majalengka)
Majalengka - Polisi menangkap FN (22) yang terlibat praktik perdagangan satwa langka. Pemuda berstatus mahasiswa itu jualan landak jawa dan kukang jawa via online.

Kapolres Majalengka AKBP Mariyono mengatakan kasus ini terungkap berkat laporan dari Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) tentang adanya perdagangan satwa dilindungi.

"Pelaku ini menjual satwa dilindungi melalui media sosial yaitu Facebook. Kita telusuri dari aktivitas Facebook, kemudian kita tangkap FN," kata Mariyono dalam keterangan yang diterima detikcom, Senin (12/11/2018).

Polisi menangkap FN di kediamannya, Kelurahan Majalengka Wetan, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dari kediaman FN, menurut Mariyono, petugas menyita sejumlah satwa dilindungi, yakni dua ekor landak jawa dan satu ekor kukang jawa. Selain itu, polisi menyita sejumlah barang bukti lainnya berupa buku tabungan, ponsel, sarung tangan, dan gelang warna merah.

"Pelaku ini tergabung dalam komunitas satwa. Tapi, pelaku ini menjual juga satwa dilindungi melalui online," kata Mariyono.

FN disangkakan melanggar Pasal 21 ayat 2 huruf A Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5/1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. Pelaku yang kini ditahan, terancam kurungan penjara maksimal lima tahun dan denda maksimal Rp 100 juta.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed