Bocah Difabel yang Merangkak ke Sekolah Ingin Jumpa Jokowi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 10 Nov 2018 13:23 WIB
Bocah difabel, Adul, tiap hari berangkat ke sekolah dengan cara merangkak menempuh perjalanan sejauh tiga kilometer. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Muklis Abdul Kholik alias Adul (9) terbilang pandai di sekolahnya. Siswa kelas 3 SDN 10 Cibadak itu kerap masuk 10 besar dari puluhan siswa kelasnya. Bahkan saat masih kelas satu, bocah difabel tersebut langganan merengkuh rangking 1.

Dia selalu semangat ke sekolah meski merangkak sejauh tiga kilometer dari rumahnya. Kisah Adul membetot perhatian publik.


Ingin salaman sama pak presiden, Presiden Jokowi.Muklis Abdul Kholik

Adul bercita-cita menjadi petugas pemadam kebakaran. Dia menganggap petugas pemadam kebakaran ialah figur yang bermanfaat bagi orang lain.

Anak inspiratif ini ternyata punya mimpi berjumpa dengan Presiden Jokowi. "Ingin salaman sama pak presiden, Presiden Jokowi," kata Adul di hadapan teman dan guru-gurunya di SDN 10 Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (10/11/2018).

Selain memiliki keterbatasan fisik, Adul juga kesulitan ketika berbicara. Nada suaranya sedikit sengau, namun secara keseluruhan orang yang mengajaknya bicara akan mengerti apa yang diucapkannya.

"Ingin jadi pemadam kebakaran, makanya latihan dari sekarang lari-lari, manjat-manjat, lompat-lompat," ucap Adul.

[Gambas:Video 20detik]


Hal itu dibenarkan guru-gurunya. Adul memang aktif tanpa khawatir terjatuh. Kursi, tembok hingga dinding menjadi sarana Adul untuk bergerak. Sewaktu berlari dengan dibantu tangannya, kecepatan Adul menyamai kecepatan teman-teman seusianya.

"Super aktif. Kalau olah raga lari dia selalu menyamai kecepatan teman-temannya, bahkan bisa melampaui. Tidak hanya di jalanan lurus, di tanah berbukit dan terjal dia cukup lincah," kata Kepala Sekolah SDN 10 Cibadak Epi Mulyadi.


Epi mendorong keinginan Adul untuk bersalaman dengan Presiden Jokowi. Sejak anak didiknya itu viral di media sosial, setiap hari ada saja wartawan dan warga yang datang ke sekolah untuk melihat langsung sosok bocah inspiratif itu.

"Sebagai pendidik, kami berharap keinginan Adul bertemu Presiden Jokowi tercapai. Menteri Pendidikan juga bagusnya memberikan apresiasi atas anak didik bangsa yang pantang menyerah untuk bersekolah meskipun kondisinya terbatas," tutur Epi.

Bocah Difabel yang Merangkak ke Sekolah Ingin Jumpa JokowiMuklis Abdul Kholik alias Adul (9). (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
(sya/bbn)