DetikNews
Jumat 09 November 2018, 15:18 WIB

Pegawai PDAM Bandung Belajar Pengelolaan Air ke Jepang

Tri Ispranoto - detikNews
Pegawai PDAM Bandung Belajar Pengelolaan Air ke Jepang Sejumlah pejabat Pemkot Bandung ke Jepang untuk belajar pengelolaan air. (Foto: dok.Humas Pemkot) Bandung
Bandung - Sepekan terakhir Wali Kota Bandung Oded M Danial melakukan kunjungan kerja ke Kota Hamamatsu, Jepang. Apa saja yang dilakukannya di sana?

Oded ke Jepang bersama Ketua DPRD Kota Bandung Isa Subagja dan Dirut PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi. Di sana ketiganya melanjutkan kerja sama Sister City yang telah terbangun sejak lama.

"Kita ke sana sebagai bukti bahwa kita concern untuk belajar pada mereka. Kerja sama ini sudah berjalan selama tiga tahun," ujar Oded di Pendopo Kota Bandung, Jumat (9/11/2018).

Salah satu kerja sama yang didapat dalam kunjungan kali ini ialah program pelatihan untuk para pegawai PDAM. Program tersebut semua dibiayai oleh Hamamatsu, sementara Bandung hanya menyiapkan ongkos untuk ke Jepang.

Tahun lalu, menurut Oded, program tersebut sudah berjalan dengan mengirimkan tujuh orang untuk mengikuti pelatihan. Jika ditotal selama tiga tahun sudah ada sekitar 20 orang yang mengikuti pelatihan tersebut.

"Mereka di sana belajar pengelolaan air termasuk cara mengatasi kebocoran yang efektif dan efisien seperti apa," katanya.

Menurut Oded, pola pengelolaan air di Hamamatsu sudah sangat baik, termasuk teknologi yang digunakan. Sehingga ia berharap pegawai PDAM yang belajar di sana bisa membawa ilmu dan menerapkannya di Kota Bandung.

Soal apakah kerja sama akan berlanjut pada transfer teknologi, Oded menyebut pihaknya hingga kini masih sebatas program belajar. "Untuk transfer teknologi belum, karena memang biayanya mahal juga," ucap Oded.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed