DetikNews
Jumat 09 November 2018, 11:00 WIB

Banjir Masih Menggenangi Tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung

Wisma Putra - detikNews
Banjir Masih Menggenangi Tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung Foto: Wisma Putra
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor 2018
Bandung - Banjir masih menggenangi tiga kecamatan di Kabupaten Bandung, Jumat (09/11/2018). Hujan beberapa hari terakhir yang intensitasnya cukup tinggi menyebabkan sejumlah anak Sungai Citarum meluap.

"Hujan yang turun di beberapa wilayah di Kabupaten Bandung dan Kota Bandung dengan intensitas tinggi menyebabkan beberapa anak Sungai Citarum di antaranya Sungai Cisangkuy, Sungai Cikapundung, Sungai Cipalasari dan Sungai Cigede meluap," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Kabupaten Bandung Sudrajat via pesan singkat, Jumat (9/11/2018).

Menurutnya, banjir ini sudah terjadi sejak Rabu, Tanggal 7 November 2018, Pukul 16.00 WIB
lalu. Sekitar pukul 18.00 WIB air mulai masuk ke pemukiman penduduk yang berada di Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang.

"Kecamatan Dayeuhkolot, di antaranya Desa Dayeuhkolot, Desa Citeureup, Kelurahan Pasawahan dengan Tinggi Muka Air (TMA) di pemukiman penduduk bervariasi mulai dari 5-100 cm. Kecamatan Baleendah, di antaranya Kelurahan Baleendah dan Kelurahan Andir TMA di pemukiman penduduk sekitar 10-100 cm. Kecamatan Bojongsoang, di antaranya Desa Bojongsari TMA di pemukiman penduduk sekitar 10-50 cm," ungkapnya.

Selain menggenangi pemukiman warga, banjir juga menggenangi sejumlah ruas jalan yang ada di tiga kecamatan itu.

"Ruas jalan yang tergenang di antaranya, Jalan Raya Cigebar-Cijagra TMA 10 cm-50 cm (Kecamatan Bojongsoang), Jalan Raya Ciparay-Dayeuhkolot TMA 10-60 cm dan Jalan Raya Andir-Katapang TMA 40-90 cm (Kecamatan Baleendah)," katanya.

Sementara itu, sore kemarin tebing setinggi empat meter yang berada di Jalan Raya Cukang Monteng, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jabar ambrol. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

"Sudah kami bersihkan, dibantu Damkar PT PGE Pertamina untuk menghilangkan tanah yang berhamburan di jalan," ujar Kapolsek Ibun Iptu Carsono.

Ia mengimbau kepada para pengguna jalan yang kerap melintas di jalan tersebut untuk berhati-hati karena rawan longsor.

"Untuk para pengendara roda dua dan empat untuk berhati-hati. Sehubungan sekarang memasuki musim hujan dan daerah rawan longsor, selain itu patuhi peraturan lalu lintas," pungkasnya.
(ern/ern)
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed