DetikNews
Kamis 08 November 2018, 16:18 WIB

Pemkab Sukabumi Janji Segera Bangun Jalan di Tegalbuleud yang Rusak

Syahdan Alamsyah - detikNews
Pemkab Sukabumi Janji Segera Bangun Jalan di Tegalbuleud yang Rusak Foto: Istimewa
Sukabumi - Pemerintah Kabupaten Sukabumi menjanjikan segera membangun jalan Kecamatan Tegalbuleud yang puluhan tahun terabaikan. Perbaikan sementara segera dilakukan tahun ini. Untuk perbaikan murni baru akan dilakukan tahun depan.

Hal ini diungkap Kasubag Humas Pemkab Sukabumi, Herdy Somantri menjelaskan kondisi jalan tersebut baru dibuka pada tahun 2008 setelah Pemkab Sukabumi lebih dulu membangun jembatan.

"Informasi yang kami peroleh dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum, jalan itu baru dibuka pada tahun 2008 silam. Awalnya hanya jalan setapak dan merupakan jalan penghubung, setelah kita bangun jembatan baru kita buat lebar seperti kondisi saat ini," kata Herdy saat menghubungi detikcom, Kamis (8/11/2018).



Hasil koordinasi dengan Dinas PU, Jalan Bangbayang - Nangela di wilayah Kecamatan Tegalbuleud memiliki panjang total 24 kilometer. Jalan yang berstatus kabupaten ada sepanjang 8 kilometer.

"Selanjutnya untuk penanganan awal akan dilakukan perbaikan sebagai antisipasi awal di ruas jalan tersebut dan untuk tahun 2019 baru perbaikan murni atau pengaspalan," imbuhnya.

Dijelaskan Herdy, skala prioritas pembangunan jalan adalah yang sering digunakan untuk akses mobilisasi utama masyarakat.

"Penentuan skala prioritas itu akan digodok melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat desa, kecamatan hingga tingkat kabupaten. Setiap usulan menjadi pertimbangan, mana dulu yang memang prioritas," jelasnya.

Kondisi jalan di wilayah Kabupaten Sukabumi bagus memang menjadi keinginan pemkab, namun hal itu terbentur kepada anggaran yang terbaras sehingga skala prioritas menjadi penentu mana jalan yang prioritas untuk diperbaiki.



Saat ini ruas jalan di Kabupaten Sukabumi yang penanganannya oleh Dinas Pekerjaan Umum ada sebanyak 1.800 kilometer, 700 kilometer diantaranya masuk kategori layak belum lagi di potong bencana.

"Anggaran pemkab sendiri pertahun itu hanya sanggup menyelesaikan sebanyak 100 kilometer, sisanya 1000 kilometer ini digodok melalui musrenbang tadi. Intinya luas wilayah tidak berbanding dengan posisi anggaran pemkab sendiri," jelasnya.
(sya/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed