DetikNews
Selasa 06 November 2018, 13:39 WIB

Begini Strategi Ridwan Kamil Tingkatkan Minat Baca Warga Jabar

Mochamad Solehudin - detikNews
Begini Strategi Ridwan Kamil Tingkatkan Minat Baca Warga Jabar Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Pemprov Jabar menyiapkan sejumlah program demi meningkatkan minat atau budaya membaca. Salah satu yang akan segera diluncurkan adalah perpustakaan jalanan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan program ini menjadi salah satu upaya yang dilakukan agar budaya membaca masyarakat Indonesia, khususnya Jabar, dapat meningkat. Sebab dibanding dengan negara-negara lain budaya masyarakat Indonesia ini masih sangat rendah.

Berdasarkan data yang ada, pria yang akrab disapa Emil ini mengungkapkan, ranking budaya membaca Indonesia menempati urutan 60 yang sejajar dengan negara Botswana di Afrika.

"Kita akan mulai street library, sebuah kota perpustakaan di taruh di pinggir-pinggir jalan, di alun-alun (yang ada di setiap kota)," kata Emil di Gedung Landmark, Kota Bandung, Selasa (6/11/2018).

Program perpustakaan jalanan ini, menurut Emil, sudah berjalan saat dia masih menjadi wali kota Bandung. Namun, pihaknya akan membuat program ini lebih baik dan dapat dinikmati oleh masyarakat Jabar, tidak hanya di Kota Bandung.

"(Saya ingin) ada 600 titik (street library) se-Jabar dalam lima tahun," ucapnya.

Bila tidak ada kendala, rencananya program ini diluncurkan pada 16 Desember mendatang. Program ini bakal didukung oleh presenter ternama Andy F Noya yang menyebarkannya secara nasional.

"Kami launching 16 Desember, karena gerakan akan menasional. Jadi di taruh-taruh di stasiun, di terminal bus, pokoknya dimana orang lewat," kata Emil.

Selain itu, pihaknya berencana membangun perpustakaan mini yang dibangun di tingkat kecamatan. Emil juga akan mengecek kabupaten-kota yang belum memiliki perpustakaan daerah.

"Kita akan cek kota mana yang tidak punya perpustakaan. Tapi perpustakaannya akan kita ubah. Isinya bukan hanya buku saja, tapi dibikin tempat untuk hobi juga. Bisa menjahit, nyablon, jadi bangunan ramai tapi penuh dengan buku," ujarnya.

Melalui sejumlah program tersebut, Emil berharap bisa meningkatkan minat baca warga di Jabar. Sehingga, sambung dia, tingkat kecerdasan masyarakat akan lebih meningkat.

"Kita harus dukung, agar ujungnya warga jadi pintar, cerdas, warga tidak bisa dibohongi, karena kita jadi masyarakat yang berilmu," ucap Emil.


Simak Juga 'Benarkah Minat Baca Indonesia Rendah?':

[Gambas:Video 20detik]


(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed