Belum rampung 100 persen, Kolam Retensi Sudah Terisi Air Hujan

Wisma Putra - detikNews
Senin, 05 Nov 2018 12:17 WIB
Foto: Wisma Putra
Kabupaten Bandung - Pembangunan kolam retensi Cieunteung Kecamatan Baleendah baru 93 persen, namun kolam itu sudah terisi air karena hujan yang turun akhir-akhir ini.

Pantauan detikcom, Senin (5/11/2018) air sudah memenuhi sebagian Kolam Retensi Cieunteung. Selain itu, terlihat sejumlah pekerja yang masih melakukan pembangunan tembok penahan tanah (TPT).

Kasatker Kolam Retensi Cieunteung Jaya Sampurna mengatakan, progres pembangunam kolam retemsi sudah mencapai 93 persen. "Belum selesai, sudah 93 persen," katanya via telepon.



Jaya mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang melakukan proses tahap akhir. "Rumah pompa yang harus disempurnakan, outlatenya, inlatenya, pada prinsipnya tinggal finishing semua," ungkapnya.

Menurutnya, air yang berada di kolam retensi saat ini merupakan tampungan dari air hujan. Cara kerja danau retensi itu, nantinya air hujan yang tertampung akan disalurkan ke sungai. "Itu air hujan, nantinya dari kolam ke sungai," paparnya.

Belum rampung 100 persen, Kolam Retensi Sudah Terisi Air HujanFoto: Wisma Putra


Seperti diketahui, pembangunan kolam retensi ini diharapkan sebagai solusi untuk mengatasi banjir di Kabupaten Bandung. Pasalnya di wilayah Baleendah, Bojongsoang dan Dayeuhkolot kerap tergenang banjir. "Kolam retensi ini dapat menampung air sekitar 300 ribu meter kubik," jelasnya.



Ia menambahkan, setelah Kolam Retensi Cieunteung, BBWS Citarum akan membangun kolam retensi lainnya, khususnya di wilayah cekungan Bandung.

"Setelah Cieunteung, sebetulnya masih banyak lagi. Kami mendisai kolam-kolam, memang di Bandung ini, di Cekungan Bandung harus banyak kolam retensi untuk menampung air," pungkasnya.

Belum rampung 100 persen, Kolam Retensi Sudah Terisi Air HujanFoto: Wisma Putra
(ern/ern)