detikNews
Rabu 31 Oktober 2018, 16:44 WIB

Teras Sunda, Laboratorium Seniman Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Teras Sunda, Laboratorium Seniman Bandung Karya seni ditampilkan di area Teras Sunda. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Teras Sunda yang berada di kawasan Cibiru, Kota Bandung, resmi beroperasi. Tempat ini akan menjadi markas bagi para seniman untuk berkreativitas dan pentas.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan Teras Sunda ialah bentuk kolaborasi antara pemerintah dan warga di kawasan Bandung Timur yang sudah terjalin sejak ia masih menjabat sebagai wakil wali kota.

"Alhamdulillah hari ini sudah terwujud. Tentu Mang Oded punya harapan agar tempat yang sudah kita bangun dipelihara, dirawat dan fungsinya harus lebih efektif," ujar Oded usai peresmian, Rabu (31/10/2018).

Menengok Teras Sunda di Cibiru BandungTeras Sunda berada tepat di samping Transmart Cibiru atau pinggir Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Teras Sunda, kata Oded, akan menjadi tempat wisata baru dengan menyuguhkan berbagai atraksi budaya dan seni. Salah satunya pagelaran pencak silat yang rencananya digelar satu minggu sekali.

"Saya berharap bukan hanya pencak silat, tapi benjang dan segala macam ada. Di sinilah pusat seni budaya di Kota Bandung," ucapnya.

Oded menjelaskan ke depan setiap wisatawan dalam atau luar negeri yang masuk ke Kota Bandung akan diarahkan ke tempat tersebut sebagai lokasi wisata yang wajib dikunjungi.

"Kalau wisatawan datang ke Bandung tidak datang ke Teras Sunda, jiga ka (seperti ke) Mekah teu ka (tidak ke) Madinah," tutur Oded.

Secara khusus, Oded telah meminta agar Disbudpar Kota Bandung membuat acara berkala untuk menarik perhatian warga dan wisatawan datang ke Teras Sunda. Sehingga orang datang mendapat kesan saat pulang.

Menengok Laboratorium Seniman di Teras Sunda BandungTeras Sunda yang berada di kawasan Cibiru, Kota Bandung, resmi beroperasi. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Kadisbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengungkapkan tahun depan pihaknya sudah mengajukan anggaran tambahan di APBD 2019 untuk kebutuhan interior dan biaya perawatan. Menurut dia, hal itu perlu agar Teras Sunda tidak sekadar diresmikan, tapi dapat tetap bertahan sebagai pusat kebudayaan sekaligus lokasi wisata di wilayah timur Bandung.

"Kita mengimbau warga atau pemanfaat (Teras Sunda) bisa turut memelihara. Karena ini tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi semua wajib bertanggung jawab memelihara kebersihan dan kenyamanan," ucap Kenny.

Menengok Laboratorium Seniman di Teras Sunda BandungTeras Sunda menjadi markas bagi para seniman untuk berkreativitas dan pentas. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Teras Sunda berada tepat di pinggir Jalan AH Nasution atau samping Transmart Cibiru. Sangat mudah untuk mencari tempat tersebut karena sangat mencolok dengan bangunan khas Sunda beratapkan motif Julang Ngapak.

Di dalam area Teras Sunda terdapat sejumlah bangunan dengan detail bambu yang merupakan ciri rumah khas Sunda. Setiap bangunan memiliki fungsi berbeda mulai dari aula berkapasitas 200 orang, workshop, rumah seniman hingga musala.

"Ini tuh seperti laboratorium seniman Kota Bandung. Jadi, selain seni tradisi, juga ada seni kreasi lainnya dari Kota Bandung lahir di sini," ucap Kenny.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com