detikNews
Rabu 31 Oktober 2018, 13:33 WIB

Mengenal Sejarah 'Paris van Java' di Museum Kota Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Mengenal Sejarah Paris van Java di Museum Kota Bandung Museum Kota Bandung resmi dibuka (Foto: Tri Ispranoto)
Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial secara resmi membuka Museum Kota Bandung di Jalan Aceh, Kota Bandung. Museum sudah bisa dikunjungi umum meski baru dua ruangan yang dibuka.

"Alhamdullilah kita hari ini punya gedung baru, Museum Kota Bandung," ujar Oded usai peresmian, Rabu (31/10/2018).

Oded bersyukur meski pembangunan museum memakan waktu cukup lama dan mengalami berbagai kendala, namun hari ini bisa diresmikan dan dikunjungi oleh warga atau wisatawan.

Terdapat potret pemimpin Kota Bandung dari masa ke masa (Foto: Tri Ispranoto)

Ia berharap keberadaan museum bisa menjadi sarana edukasi, informasi dan wisata mengenai sejarah Kota Bandung dengan menampilkan berbagai macam dokumen mulai dari zaman dulu hingga saat ini.

"Mang Oded mengharapkan ketika orang ke sini bisa tahu sejarah Kota Bandung dari awal sampai hari ini. Sehingga itu bisa menjadi pengetahuan dan menjadi daya tarik untuk datang ke sini. Pokoknya mah gratis," katanya.

Sementara itu Kepala Museum Kota Bandung Hermawan Rianto mengaku kendala utama dalam pembangunan adalah pengumpulan materi. Sebab hal itu perlu evaluasi dan pengecekan kembali agar tidak ada kesalahan yang berkaitan dengan sejarah.

Sejarah Kota Bandung tentu tersaji (Foto: Tri Ispranoto)

"Itu yang membuat kami mundur (waktu peresmian). Jangan sampai nanti sejarah itu salah ditulis," ucapnya.

Hermawan mengatakan Museum Kota Bandung belum sepenuhnya selesai. Masih banyak konten dan artefak yang belum dipasang sehingga sejumlah ruangan belum bisa dibuka untuk umum.

Pihaknya berharap pengisian konten, artefak dan pembuatan ruang multi media bisa selesai sepenuhnya pada 2019 nanti. Meski begitu ia memastikan museum sudah bisa dikunjungi oleh umum.

"Ya, sudah terbuka untuk umum hari ini," ujar Hermawan.

Foto: Tri Ispranoto

Pantauan detikcom museum yang berada tepat di seberang Bandung Planning Galery itu bergaya arsitekur tempo dulu. Hal itu disebabkan museum berdiri di bangunan cagar budaya peninggalan Belanda.

Saat ini baru ada dua ruangan yang bisa dikunjungi umum. Ruangan pertama yang berada di pintu masuk berisi galeri foto Wali Kota Bandung dari masa ke masa hingga kini dipimpin Oded M Danial.

Sementara di satu ruangan lain terdapat sejumlah dokumen dan tulisan yang menggambarkan sejarah terbentuknya Kota Bandung dan perkembangannya hingga saat ini.


Simak Juga 'Bersantai Bermain Floaties di Paris van Java':

[Gambas:Video 20detik]



(tro/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com