DetikNews
Senin 22 Oktober 2018, 12:58 WIB

Peringati Hari Santri, Pemkot Cirebon Racik E-Wasiat

Sudirman Wamad - detikNews
Peringati Hari Santri, Pemkot Cirebon Racik E-Wasiat Sejumlah orang mencoba aplikasi E-Wasiat. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Pemkot Cirebon berinovasi dalam mengimplementasikan smart city. Tepat pada peringatan Hari Santri Nasional 2018, Pemkot Cirebon meracik aplikasi bernama E-Wasiat.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kota Cirebon Iing Daiman mengatakan aplikasi E-Wasiat yang diluncurkan pada Hari Santri tersebut merupakan salah satu aplikasi yang menguatkan nilai-nilai keagamaan. Dalam aplikasi tersebut, menurut Iing, terdapat informasi mengenai wisata ziarah, masjid, kegiatan keagamaan, konsultasi keagamaan, dan lainnya.

"Insyallah hari ini di-launching E-Wasiat. E-Wasiat itu kepanjangan dari wayahe sadar akhirat, atau waktunya sadar akhirat. Makanya infonya itu tentang keagamaan," kata Iing saat ditemui di kantor DKIS Kota Cirebon Jalan Sudarsono, Jawa Barat, Senin (22/10/2018).

Peringati Hari Santri, Pemkot Cirebon Luncurkan E-WasiatKepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kota Cirebon Iing Daiman memperlihatkan aplikasi E-Wasiat. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Dia menjelaskan kehadiran aplikasi tersebut bertujuan memudahkan masyarakat Kota Cirebon mendapatkan informasi tentang keagamaan. Hal tersebut, sambung Iing, sejalan dengan visi Kota Cirebon yang religius.

"Nanti aplikasi tersebut bisa diunduh di Play Store. Kami berharap ponsel pintar itu tidak hanya digunakan untuk bermedia sosial saja, telepon saja, tapi bisa ada fungsi lain yaitu siar agama," ucap Iing.

Dalam kesempatan tersebut, Iing mengatakan pada peringatan Hari Santri tahun ini pegawai Pemkot Cirebon diwajibkan mengenakan sarung. Hal tersebut, menurut dia, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Penjabat Wali Kota Cirebon.

"Suasana kerja seperti ini diharapkan bisa menginspirasi religius kita. Ini sesuai dengan surat edaran. Tentu kami harus patuh pada aturan yang ada," ucap Iing.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed