DetikNews
Senin 22 Oktober 2018, 12:54 WIB

Ridwan Kamil Janji Perjuangkan 10 Program Bagi Santri di Jabar

Dadang Hermansyah - detikNews
Ridwan Kamil Janji Perjuangkan 10 Program Bagi Santri di Jabar Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan 10 program untuk para santri di Jawa Barat agar eksistensi santri lebih baik. Hal ini disampaikan Ridwan Kamil saat memberikan sambutan saat apel hari santri nasional (HSN) di Lapang Dadaha Kota Tasikmalaya Senin (22/10/2018).

"Untuk mewujudkan visi dan misi Jabar juara lahir dan batin, ada 10 program untuk santri yang akan diperjuangkan untuk eksistensi santri lebih baik. Mengingat di Jawa Barat ini terdapat 9.000 an pesantren," ujar Emil dihadapan ribuan santri di Tasikmalaya.

Pertama, akan dibuat Perda Pesantren supaya ke depan bisa diurus lebih baik oleh pemerintah, para santri dan kyai juga infrastruktur pesantren dapat dibantu maksimal. Program magrib mengaji dan subuh berjamaah, sehingga para pemuda di Jabar menjadi ahli masjid dan agama.

"Program zakat digital yakni menolong dengan cara kekinian. Ada juga untuk kemandirian pesantren akan dididirikan satu perusahaan satu pesantren," terang Ridawan Kamil.



Pemprov Jabar juga akan memberikan pelatihan bahasa Inggris untuk para ustaz, nantinya lulusan terbaik akan diberangkatkan keliling dunia untuk berdakwah.

Ridwal Kamil juga mengaku saat ini merancang dakwah digital supaya bisa menyentuh teknologi atau smartphone. Karena menurut survei, warga Jawa Barat memegang Smartphone rata-rata 4 jam per hari. Ada juga program kredit mesra, di mana warga yang butuh bantuan kredit bisa datang ke masjid.

"Juga mohon bantuannya kepada PBNU, ke depan di Jabar itu ada satu desa satu hafiz Quran, untuk itu ke pesantren hafiz Quran sangat dibutuhkan. Ingin di pelosok itu para imam dari hafiz Quran," ucapnya.

Dalam momen hari santri nasional ini, Ridwan Kamil mengingatkan sejarah mencatat perjuangan dalam merebut kemerdekaan tidak terlepas dari santri dan ulama. Ia bercerita memiliki kakek dari kalangan ulama yang bertempur melawan penjajah, demi tegaknya NKRI.


Simak Juga 'Sertijab Walkot Bandung, Ridwan Kamil dan Sepedanya Diarak':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed