DetikNews
Senin 22 Oktober 2018, 12:20 WIB

Pemprov Jabar Akan Jembatani Kisruh Bekasi vs DKI Soal Bantargebang

Mochamad Solehudin - detikNews
Pemprov Jabar Akan Jembatani Kisruh Bekasi vs DKI Soal Bantargebang Foto: Mochamad Solehudin
FOKUS BERITA: Kisruh Truk Sampah DKI
Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menjembatani komunikasi Pemkot Bekasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menyelesaikan masalah pengelolaan sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Kota Bekasi.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengaku akan segera berkomunikasi dengan Pemkot Bekasi untuk mencari informasi secara utuh terkait masalah pengelolaan TPST Bantargebang. Selain itu, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk mencari solusi terbaik terkait masalah yang ada.

"Secepatnya kita (Pemprov Jabar bersama Pemkot Bekasi) akan berkomunikasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menangani masalah ini. Kalau tidak dijembatani, Pemprov DKI bilang A, Bekasi bilang B, tidak nyambung. Kita akan tengahi," kata Uu di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (22/10/2018).



Uu menilai, Pemkot Bekasi dan Pemprov DKI Jakarta belum saling bertemu untuk menyelesaikan masalah ini. Keduanya baru beradu argumentasi di media massa. Sehingga duduk permasalahannya belum bisa diselesaikan.

"Fungsi Pemprov adalah menjembatani pemerintah daerah dengan pemerintah lainnya. Jika ada sedikit salah penafsiran atau lambatnya membuat keputusan, diminta tidak diminta kami akan masuk (untuk membantu menyelesaikan) karena Bekasi ada di wilayah Jabar," ucapnya.



Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyebut Pemprov DKI belum membayar dana hibah untuk TPST Bantargebang. Pepen sapaan akrab Rahmat Effendi juga menyatakan sulit berkomunikasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pernyataan Pepen dibantah langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies mengatakan, dana hibah tersebut telah dibayarkan pada Mei 2018 senilai Rp194 miliar.



Simak Juga 'Geramnya Anies ke Pemkot Bekasi soal Sampah':

[Gambas:Video 20detik]





(mso/ern)
FOKUS BERITA: Kisruh Truk Sampah DKI
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed