DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 14:55 WIB

Polisi Ciduk Admin Facebook Forum Gay di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polisi Ciduk Admin Facebook Forum Gay di Bandung Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Polisi membongkar grup Facebook yang membuka forum gay di Bandung. Satu orang admin dan kekasih prianya ditangkap.

Grup gay yang dikelola Ikhsan Syamsudin alias Isan (28) dan kekasih prianya Iwan Hermawan alias Boy (26) beranggotakan 4.199 pengguna aktif itu. Obrolan di grup berisikan percakapan tentang cara berhubungan sesama jenis hingga mencari jodoh.

"Mereka menyebarkan di media sosial tentang bagaimana menjalin pertemanan namun ini sesama jenis. Termasuk ajang mencari jodoh sesama jenis juga," ucap Wadirkrimsus Polda Jabar AKBP Hari Brata di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (19/10/2018).

Hari mengatakan Isan sudah membuat grup tersebut sejak 2015. Anggota yang masuk ke grup tersebut berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat.

"Grupnya tertutup. Kalau ada yang mau masuk harus diketahui oleh admin dulu dan yang memang suka sesama jenis," kata dia.

Grup tersebut beranggotakan beragam usia. Dari mulai dewasa, remaja bahkan usia pelajar.

"Indikasi kita ada yang di bawah umur. Hampir rata-rata yang dipantau kita ada anak SMP dan SMA," ucap Hari.

Isan dan Boy sendiri diciduk polisi pada Kamis (18/10) kemarin di sebuah indekos di Bandung. Saat digerebek, polisi menemukan keduanya berada dalam satu kamar.

Selain menangkap kedua pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa ponsel dan sejumlah alat kontrasepsi untuk melakukan hubungan sesama jenis.

"Mereka juga menyediakan alat-alat kontrasepsi apabila dari anggota tersebut membutuhkan," kata Hari.

Kedua pelaku dijerat Pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 Ayat (1) UU RI No 19 tahun 2016 tentang ITE. Hukuman penjara kedua pelaku mencapai 6 tahun dan denda Rp 1 miliar.




Tonton juga 'Kominfo Blokir Grup Gay Garut di Facebook':

[Gambas:Video 20detik]


(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed