DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 22:16 WIB

Pemkot Bandung Godok Wacana Larangan Kantong Plastik

Tri Ispranoto - detikNews
Pemkot Bandung Godok Wacana Larangan Kantong Plastik Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung Salman Fauzi (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Pemkot Bandung berencana melakukan pelarangan penggunaan kantong plastik khusus di mal dan toko modern. Namun hingga kini hal tersebut masih sebatas wacana.

Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung Salman Fauzi mengatakan wacana tersebut tidak lepas dari langkah lanjutan dari kebijakan pemerintah pusat yang menerapkan kantong plastik berbayar beberapa tahun lalu.

"Ternyata kebijakan itu sempat menurunkan penggunaan sampah plastik," ujar Salman di Balai Kota Bandung, Rabu (17/10/2018).

Berkaitan hal itu, Pemkot Bandung mengevaluasi dan kajian sambil menunggu kebijakan lanjutan dari pemerintah pusat mengenai plastik berbayar. Hingga akhirnya keluar mandat pemerintah di kota dan kabupaten bisa mengambil kebijakan tersendiri terkait kantong plastik.

"Dari situ kita berpikir apakah akan meneruskan kantong plastik berbayar atau sekalian larang saja di pusat perbelanjaan seperti mal dan toko modern," katanya.

Saat ini wacana tersebut akan dicoba untuk direalisasikan dengan melakukan evaluasi dan kajian bersama sejumlah pihak terkait. Selain itu, rencananya dalam waktu dekat pihaknya menggelar pertemuan dengan sejumlah asosiasi pedagang sebelum akhirnya wacana tersebut direalisasikan.

"Jadi ini baru wacana, belum ada Perwal atau Perda. Baru juga diwacanakan ternyata sudah menyebar di media sosial. Ya sudah, sekalian saja kita lihat respons warga apakah setuju atau tidak," ujar Salman.

Salman menjelaskan sejumlah daerah yang sudah menerapkan kantong plastik berbayar juga membutuhkan waktu lama untuk edukasi dan sosialisasi. Sehingga untuk menerapkan hal serupa di Kota Bandung juga diperlukan waktu cukup panjang.

Pihaknya meyakini kebijakan tersebut bisa diterima oleh warga dan pengusaha. Sebab saat ini sudah ada toko modern yang sudah tidak menggunakan lagi kantong plastik.

"Contoh yang bagus itu Superindo, mereka sudah tidak menyediakan kantong, ganti pakai karton atau dus. Banyak contoh lain yang sudah mengganti kantong plastik pakai goni, plastik ramah lingkungan dan kertas daur ulang. Jadi saya yakin bisa," tutur Salman.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed