DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 11:37 WIB

Bupati Bekasi Diciduk KPK, Begini Reaksi Pemprov Jabar

Mochamad Solehudin - detikNews
Bupati Bekasi Diciduk KPK, Begini Reaksi Pemprov Jabar Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin (Foto: Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Skandal Suap Meikarta
Bandung - Pemprov Jabar menunggu perkembangan lebih lanjut terkait kasus suap proyek Meikarta yang menyeret Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin. KPK telah menetapkan politisi Golkar tersebut sebagai tersangka.

"Mohon diberikan kekuatan Bupati menghadapi cobaan tersebut dan sekaligus ini peringatan buat saya dan buat kita semua sebagai ASN untuk tetap bekerja dengan baik, sesuai ketentuan berlaku dan di antara kita harus saling mengingatkan," kata Sekda Jabar Iwa Karniwa di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Selasa (16/10/2018).


Untuk proses hukum lebih lanjut, Iwa menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum. Dia mengimbau kepada para ASN di Kabupaten Bekasi supaya tetap bekerja dengan maksimal dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

"Masalah proses hukum kami serahkan sesuai ketentuan yang berlaku, itu ranahnya aparat penegak hukum," ucapnya.

"Seluruh ASN di Bekasi tetap tenang, layani pelaksanaan pemerintah tetap terjaga. Pelayanan di desa, di kabupaten, Dinas Penduduk Catatan Sipil dijaga dengan baik, enggak boleh ada yang kurang," kata Iwa menambahkan.


Mengenai penunjukan pelaksana tugas harian bupati Bekasi, Iwa menyebut Pemprov Jabar belum dapat memutuskan. Saat ini, sambung dia, pihaknya akan berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk menindaklanjuti masalah tersebut.

"Nanti kita akan dapat informasi yang sudah jelas. Kalau sudah jelas sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2018, ada mekanisme. Saya sudah minta kepada Biro Pemerintah untuk segera berkonsultasi menyikapi hal ini," tuturnya.

Soal operasi tangkap tangan KPK kepada Neneng, Iwa mengaku belum mengetahui secara resmi. "Karena kita belum tahu persis teknisnya. Nanti saya coba pantau perkembangannya," ujar Iwa.



Saksikan juga video 'Bupati Bekasi dan Direktur Lippo Jadi Tersangka Suap Meikarta':

[Gambas:Video 20detik]


(mso/bbn)
FOKUS BERITA: Skandal Suap Meikarta
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed