DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 15:35 WIB

Ratusan Bobotoh di Sukabumi Demo Desak PSSI Direvolusi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Ratusan Bobotoh di Sukabumi Demo Desak PSSI Direvolusi Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Ratusan bobotoh dari berbagai komunitas suporter Persib berunjuk rasa di DPRD Kota Sukabumi, Senin (15/10/2018). Aksi mereka dilakukan sebagai bentuk protes kebijakan Komdis PSSI yang memberikan sanksi pada Persib Bandung maupun bobotoh.

Ratusan bobotoh yang berdatangan dari sejumlah lokasi tersebut awalnya sempat berkumpul di Lapang Merdeka. Kemudian dengan menggunakan berbagai kendaraan, massa bergerak ke Gedung DPRD Kota Sukabumi sambil membentangkan spanduk berisi tuntutan. Sebagian massa ada yang berjalan kaki.

Tuntutan yang disurakan oleh para suporter tersebut antara lain, meminta pemerintah untuk mengusut tuntas pelanggaran HAM di semua lini sepakbola dan mengutuk keras pembunuhan di persepakbolaan.

Massa juga menuntut Kongres luar biasa PSSI dan merevolusi PSSI ke arah yang baik. Tuntutan lainnya mendesak PSSI untuk meninjau ulang keputusan hukuman yang dijatuhkan kepada Persib. Massa juga meminta KPK Mengusut aliran dana terkait sanksi klub, karena menurut mereka hal itu di nilai perampokan yang berkedok sanksi. Terakhir massa mengajak semua elemen suporter berani menyeuarakan keadilan.

"Aksi ini digelar sebagai bentuk protes atas sanksi yang dijatuhkan Komdis PSSI pada Persib Bandung buntut dari peristiwa berdarah yang terjadi saat Persib bertanding melawan Persija. Bobotoh salah kita akui dan minta maaf, kalau di hukum, ya hukum sesuai dengan koridornya," beber Koordinator lapangan, Risris Rizal Aliperkasa kepada awak media.

Ratusan Bobotoh di Sukabumi Demo Desak PSSI DirevolusiFoto: Syahdan Alamsyah


Risris menyebut saat ini Persib tengah dizalimi melalui kebijakan yang dianggap berat sebelah dan tidak melalui pertimbangan matang.

"Kami hari ini menyerahkan petisi berisi tuntutan kepada wakil rakyat. Saya mohon tolong petisi itu disampaikan ke PSSI, Kami tidak mau ngomong soal individual Ketua PSSI seperti apa karena bukan ranahnya. Kami datang hari ini karena Persib adalah budaya buat orang sunda, Persib adalah budaya Jawa Barat," tandas dia.

Setelah puas beorasi, akhirnya massa membubarkan diri sekitar pukul 14.00 WIB.


Saksikan juga video 'Sesmenpora Sentil Edy Rahmayadi: Lebih Care ke Suporter!':

[Gambas:Video 20detik]


(sya/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed