Kisah Palestine Walk di Kawasan Alun-alun Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Sabtu, 13 Okt 2018 20:06 WIB
Menlu Retno LP Marsudi, Menlu Palestina Riad Malki dan Wali Kota Bandung Oded M Danial meresmikan Palestine Walk. (Foto: dok.Humas Pemkot Bandung)
Bandung - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi meresmikan Palestine Walk yang berada di Jalan Alun-alun Timur, Kota Bandung. Pedestrian itu dibuat sebagai bentuk dukungan dari Indonesia untuk kemerdekaan Palestina.

"Baru saja kita meresmikan Palestine Walk sebagai satu simbol dukungan seluruh rakyat Indonesia pada perjuangan rakyat Palestina untuk mendapat kemerdekaan," ujar Retno usai peresmian, Sabtu (13/10/2018).

Pihaknya sengaja memilih tempat tersebut sebagai lokasi Palestine Walk karena strategis berada di pusat kota. Selain itu, letak Alun-alun Bandung berdekatan dengan Gedung Merdeka yang menjadi tempat bersejarah pertama kali Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

"Dari konferensi tersebut tersisa satu PR (pekerjaan rumah) bersama yaitu kemerdekaan Palestina," katanya.

Ini Wajah Palestine Walk di Kawasan Alun-alun BandungMenlu Retno LP Marsudi, Menlu Palestina Riad Malki dan Wali Kota Bandung Oded M Danial menyusuri Palestine Walk. Pedestrian itu dibuat sebagai bentuk dukungan dari Indonesia untuk kemerdekaan Palestina. (Foto: dok.Humas Pemkot Bandung)
Peresmian Palestine Walk, menurut Retno, sebagai pembuka acara Palestine Solidarity Week yang dimulai pada hari ini hingga sepekan ke depan. Dalam rangkaian acara tersebut akan digelar banyak kegiatan.

"Tujuannya satu, untuk menunjukkan dukungan seluruh rakyat Indonesia pada perjuangan kemerdekaan rakyat Palestina," ucap Retno.

Menteri Luar Negeri Palestina Riad Malki menyampaikan rasa terima kasih dari seluruh rakyat Palestina terhadap Indonesia yang tak henti-hentinya memberikan dukungan.

Ia berharap momen kali ini akan menjadi spirit baru untuk terus memperjuangkan kebebasan dan kemerdekaan bagi Palestina. "Setiap Anda berjalan di sini, ingatlah rakyat Palestina yang sedang berjuang di sana," ujar Riad.

Ini Wajah Palestine Walk di Kawasan Alun-alun BandungPalestine Walk yang berada di Jalan Alun-alun Timur, Kota Bandung. (Foto: dok.Humas Pemkot Bandung)
Wali Kota Bandung Oded M Danial sangat senang dengan adanya Palestine Walk. Terlebih Bandung sebagai ibu kota Asia-Afrika bisa membantu dan terus berjuang untuk saudara-saudara yang berada di Palestina.

"Mudah-mudahan ini sejarah buat kita bangsa Indonesia khususnya warga Bandung untuk mengingat bahwa Palestina adalah negara yang dulu memberikan dukungan kemerdekaan bagi Indonesia," tutur Oded.

Oded berharap Palestine Walk bukan hanya menjadi destinasi wajib yang dikunjungi oleh wisatawan, tapi juga sebagai simbol mengingatkan besarnya dukungan Indonesia terhadap Palestina.

Lokasi Palestine Walk menjadi spot foto baru di kawasan Alun-alun Bandung. Sebab di tempat ini banyak ornamen-ornamen menarik yang bisa menjadi latar berfoto seperti tulisan Bandung Love Palestina yang berada di tengah pedestrian dan sebuah gerbang bertuliskan Palestine Walk. (tro/bbn)