DetikNews
Kamis 11 Oktober 2018, 13:09 WIB

Bangunan Sekolah di Pusat Perkotaan Ciamis ini Terancam Roboh

Dadang Hermansyah - detikNews
Bangunan Sekolah di Pusat Perkotaan Ciamis ini Terancam Roboh Akibat gempa besar lima tahun lalu, mengakibatkan tiga kelas dan ruang perpustakaan di lantai dua bangunan sekolah rusak. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Bangunan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Ciamis rusak berat dan terancam roboh. Sejak lima tahun terakhir ini pihak madrasah terpaksa menggunakan tiga ruang belajar untuk menampung 114 siswa. Lokasi sekolah tersebut berada di pusat perkotaan Ciamis.

Kepala MTs Nahdlatul Ulama Ciamis Iis Asiah Sutisna mengatakan madrasah ini didirikan pada 1989. Akibat gempa besar lima tahun lalu, mengakibatkan tiga kelas dan ruang perpustakaan di lantai dua bangunan sekolah rusak. Terutama pada bagian atap yang nyaris roboh.

"Tidak ada dana mau pun bantuan untuk memperbaikinya, khawatir membahayakan para siswa jadi ruangan dikosongkan sampai sekarang," ujar Iis saat ditemui di sekolahnya, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (11/10/2018).

Bangunan Sekolah di Pusat Perkotaan Ciamis ini Terancam RobohBangunan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Ciamis rusak berat dan terancam roboh. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Iis mengaku telah mengajukan bantuan untuk perbaikan kepada Kementerian Agama Ciamis dengan menyerahkan proposal. Hal itu sudah beberapa kali dilakukan, namun sampai saat ini tidak ada realisasi.

"Proposal sudah menumpuk, tapi belum ada bantuan. Kondisinya sudah sangat memprihatinkan, sebelumnya kami mencoba memperbaiki semampunya, hanya pada bagian atap supaya tidak roboh, tapi tidak maksimal," kata Iis.

Jumlah siswa yang ada di madrasah sebanyak 114 orang yang kini menempati tiga ruang belajar. Padahal idealnya siswa dengan jumlah tersebut terbagi dalam enam ruang belajar.

"Anak-anak dilarang masuk ke lantai dua. Ya namanya anak-anak, ada saja yang ke atas. Kami khawatir saja tiba-tiba roboh," tuturnya.

Bangunan Sekolah di Pusat Perkotaan Ciamis ini Terancam RobohLokasi sekolah ini berada di pusat perkotaan Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Menurut Iis, setiap ada rapat orang tua, para siswa terpaksa harus belajar di luar dengan memanfaatkan ruang musala. Madrasah dinaungi Yayasan Alhusna ini tidak memiliki aula.

"Kalau untuk minat masyarakat alhamdulillah, masih ada. Dengan kondisi seperti ini, setiap tahun ajaran baru banyak siswa mendaftar," ucapnya.

Iis berharap, madrasah ini dapat segera diperbaiki agar proses belajar mengajar dapat berjalan lancar. Dia tak ingin siswanya dihantui atap bangunan yang bisa roboh kapan saja.


Saksikan juga video '800 Sekolah di Sukabumi Alami Kerusakan':

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed