BMKG Prediksi Musim Hujan di Bandung Terjadi Akhir Oktober

BMKG Prediksi Musim Hujan di Bandung Terjadi Akhir Oktober

Mochamad Solehudin - detikNews
Rabu, 10 Okt 2018 15:15 WIB
Iustrasi musim hujan (Foto: Hasan Alhabshy)
Iustrasi musim hujan (Foto: Hasan Alhabshy)
Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan di Kota Bandung baru akan terjadi di akhir Oktober 2018. Saat ini kondisi cuaca masih dalam masa peralihan.

"Saat ini masa peralihan (musim). Akhir Oktober, (diprediksi) Bandung mulai awal musim hujan," kata Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya, saat dihubungi, Rabu (10/10/2018).

Tony mengungkapkan musim kemarau di Kota Bandung pada tahun ini relatif lebih panjang dari tahun sebelumnya. Awal musim kemarau di Bandung biasanya terjadi di akhir Mei sampai Awal Oktober.

"Untuk Kota Bandung, musim kemarau tahun ini lebih panjang 1 dasarian (10 hari) dibandingkan normalnya. Musim kemarau yang normal di Bandung biasanya adalah dari akhir Mei sampai awal Oktober (tapi sekarang diprediksi akhir Oktober)," ucapnya.

Dia mengingatkan agar masyarakat tetap waspada di masa peralihan musim ini. Sejumlah potensi cuaca ekstrem seperti angin kencang, petir dan hujan lebat dengan durasi singkat sewaktu-waktu bisa terjadi.

"Ada potensi cuaca ekstrem (di masa peralihan ini) yaitu angin kencang, petir dan hujan lebat dengan durasi singkat," katanya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi berbagai ancaman bencana di masa peralihan musim. "Perlu langkah antisipasi, bersihkan saluran air dan potong cabang pohon yang lapuk atau terlalu rimbun," ujar Tony. (mso/mud)