detikNews
Kamis 04 Oktober 2018, 12:15 WIB

Kenalkan, Donggalah Si Bayi Harimau Benggala di Bunbin Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Kenalkan, Donggalah Si Bayi Harimau Benggala di Bunbin Bandung Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Kebun Binatang Bandung baru saja memiliki keluarga baru yakni seekor bayi harimau benggala betina yang lahir pada 22 Agustus 2018 lalu. Bayi lucu itu diberi nama Donggalah.

Nama tersebut diberikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial yang juga bapak angkat Donggalah. Pemberian nama dilakukan langsung oleh Oded dengan datang menjenguk Donggalah di Kebun Binatang Bandung.

"Nama ini terinspirasi dari saudara-saudara kita di Donggala yang sedang terkena musibah. Tapi karena betina maka ditambah 'h' jadi Donggalah," ujar Oded usai menjenguk, Kamis (4/10/2018).

Oded mengatakan sengaja memberikan nama tersebut sebagai momentum sebagai pengingat musibah gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

 Kenalkan, Donggalah Si Bayi Harimau Benggala di Bunbin BandungFoto: Tri Ispranoto


Makna dari pemberian nama itu pun mengingatkan akan kuasa Allah SWT yang menakdirkan hidup dan mati seluruh mahluk hidup.

"Semoga ini menjadi pengingat kita akan musibah yang dialami saudara-saudara kita. Tumbuh kembangnya Donggalah ini semoga menjadi semangat saudara-saudara di Donggala untuk bangkit," ucapnya.

Tak lupa Oded juga mengingatkan pada pengelola kebun binatang untuk menjaga lingkungan dan hewan-hewan yang ada. Jangan sampai, kata Oded, kejadian beberapa waktu lalu seperti hewan mati dan tak terurus kembali terulang.

"Pada orang Bandung dan pengunjung, Mang Oded ingatkan juga untuk sama-sama menjaga tempat ini. Jangan kalah sama orang luar negeri yang sangat peduli dengan kebun binatang ini," ujar Oded.

 Kenalkan, Donggalah Si Bayi Harimau Benggala di Bunbin BandungFoto: Tri Ispranoto


Sementara itu Humas Kebun Binatang Bandung Aan Sulhan mengatakan Donggalah adalah generasi kedua yang lahir dari pasangan Sahrukh Khan dan Sila. Ia lahir normal dengan bobot 730 gram.

"Awalnya lahir dua. Hanya satu kondisinya lemah dan dimakan oleh induknya. Itu memang sifat alamiah induk memakan dari pada melihat anaknya tumbuh lemah," katanya.

Sejak lahir hingga kini, Donggalah dirawat di ruangan khusus dengan pemantauan langsung dari dokter. Rencananya Donggalah baru bisa dipamerkan ke publik setelah menginjak usia minimal sembilan bulan.



Saksikan juga video 'Sepasang Bayi Harimau Ini Bikin Pengunjung Taman Gemas':

[Gambas:Video 20detik]


(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed