DetikNews
Selasa 02 Oktober 2018, 15:56 WIB

Warga Membeludak, Polisi Setop Promo BBM Murah di SPBU Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Warga Membeludak, Polisi Setop Promo BBM Murah di SPBU Bandung Antrean kendaraan di SPBU Jalan Riau Bandung untuk promo bahan bakar minyak (BBM) bikin macet parah. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Kepolisian mengambil langkah tegas dengan menghentikan promo pembelian bahan bakar minyak (BBM) dengan harga Rp 20 ribu untuk 20 liter yang dilakukan salah satu bank di SPBU Riau, Jalan LL RE Martadinata, Kota Bandung.

Kapolsek Bandung Wetan Kompol Hidayatullah mengatakan promo tersebut dihentikan sementara karena menyebabkan kemacetan yang parah di sekitar SPBU. Terpantau kemacetan mengular ke jalan-jalan sekitarnya, seperti Jalan Banda, Jalan Cilamaya atau sekitar Gedung Sate.

"Promo dihentikan sementara. Kita minta SPBU close dulu sampai kendaraan terurai," kata Hidayatullah kepada detikcom via telepon, Selasa (2/10/2018).


Kepolisian terpaksa menghentikan kegiatan tersebut karena digelar pada jam rawan macet yakni pukul 14.00 WIB. Terlebih SPBU berdekatan dengan area sekolah dan pusat perbelanjaan.

"Tadi macet sampai lampu merah. Sekarang anggota masih di lokasi untuk mengurai kemacetan," katanya.

SPBU akhirnya ditutup polisiSPBU akhirnya ditutup polisi Foto: Tri Ispranoto
Ia meminta pihak penyelenggara melakukan koordinasi dengan kepolisian sebelum menggelar promo. Sebab promo digelar menyebabkan kemacetan yang menjalar ke beberapa titik.

"Silakan promonya dilanjutkan, tapi jangan jam macet pas pulang sekolah dan makan siang. Kalau mau malam atau pagi sekalian. Jadi promo kita hentikan sementara dan SPBU close (tutup)," ujarnya.

Sementara itu, Pemilik SPBU Riau Basir Ahmad mengakui pihak salah satu bank swasta tidak berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tapi enggak koordinasi dengan kepolisian. Akhirnya kita setop pengisian karena bikin macet," ujarnya.

Dia juga mengaku, akibat kejadian ini mengalami kerugian. Pasalnya, premium yang dijualnya tidak laku. "Kita jadi enggak bisa jual premium gara-gara macet," ucapnya.

Pantauan detikcom hingga pukul 15.45 WIB, SPBU masih ditutup. Hanya beberapa kendaraan yang bisa mengisi bahan bakar seperti mobil kecil dan motor. Sementara itu sejumlah anggota polisi lalu lintas masih berjaga di sekitar SPBU untuk mengurai kemacetan.

Salah satu bank menggelar promo pembelian bahan bakar minyak (BBM) sebanyak 20 liter dengan harga Rp 20 ribu. Promo untuk memperingati HUT ke-20 bank itu khusus ditujukan kepada nasabahnya.

Di Bandung ada tiga titik SPBU yang menggelar promo ini, yaitu SPBU Jalan LRE Martadinata (Riau), Jalan Ir H Juanda, dan SPBU Jalan Setiabudhi. Promo ini berlaku mulai pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB.
(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed