Ganjil Genap Bandung Diuji Coba di Jalan Asia Afrika-Ahmad Yani

Tri Ispranoto - detikNews
Senin, 01 Okt 2018 17:36 WIB
Kadishub Kota Bandung Didi Ruswandi (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Kadishub Kota Bandung Didi Ruswandi (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Pemkot Badung masih mengkaji pemberlakuan aturan ganjil genap kendaraan. Tahapan uji coba aturan tersebut akan diterapkan di sepanjang Jalan Ahmad Yani hingga Jalan Asia Afrika.

"Ganjil genap akan dicoba di Ahmad Yani-Supratman sampai Asia Afrika-Oto Iskandardinata," ujar Kadishub Kota Bandung Didi Ruswandi di Balai Kota Bandung, Senin (1/10/2018).

Saat ini, kata Didi, pihaknya masih terus melakukan kajian dan koordinasi dengan kepolisian juga para ahli sebelum akhirnya aturan tersebut akan diuji coba selama satu bulan.

Sambil berjalan, pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah rambu lalu lintas dan pemberitahuan yang nantinya akan dipasang di setiap titik pertemuan kendaraan.

"Semangatnya ini bukan untuk mengalihkan arus lalu lintas. Tapi bagaimana mengalihkan dari kendaraan pribadi ke moda transportasi umum," ujarnya.

Didi menjelaskan pemilihan Ahmad Yani-Asia Afrika sebagai lokasi ganjil genap bukan tanpa alasan. Sebab di jalur tersebut sudah tersedia banyak transportasi umum yang bisa dimanfaatkan oleh warga.

"Kita berharap ada pola warga yang berpindah dari kendaraan pribadi ke transportasi umum," ucap Didi.




Tonton juga 'Kemenhub Tawarkan Aturan Ganjil Genap Jakarta Diterapkan di Kota Lain':

[Gambas:Video 20detik]

(tro/bbn)