detikNews
Sabtu 29 September 2018, 15:43 WIB

PT KAI Segera Siapkan DED Reaktivasi 4 Jalur Kereta di Jabar

Mochamad Solehudin - detikNews
PT KAI Segera Siapkan DED Reaktivasi 4 Jalur Kereta di Jabar Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro (Foto: Muhammad Ridho)
Bandung - Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan detail engginering design (DED) reaktivasi empat jalur kereta api di Jabar akan dimulai tahun tahun depan. Saat ini pihaknya akan melakukan survei lapangan terlebihdulu.

"Yang pasti kita sekarang melakukan survei karena jalur mati ini sudah ditinggalkan sekian lamanya. Kita kerjakan Januari atau awal tahun depan kita sudah melakukan DED," kata Edi, di Balai Pendidikan dan Latihan PT KAI, Kota Bandung, Sabtu (29/9/2018).

Menurut Edi, DED yang dibuat akan menjadi dasar PT KAI untuk memulai rencana reaktivasi empat jalur kereta terutama mengenai masalah anggaran termasuk proses pembebasan lahan.

Dia mengungkapkan empat jalur kereta yang akan direaktivasi seperti jalur Bandung-Ciwidey, Rancaekek-Tanjungsari, Banjar-Pangandaran-Cijulang dan Cibatu Cikajang sudah lama tidak digunakan. Di sepanjang jalur tersebut sebagian besar sudah berdiri pemukiman warga.


Kondisi ini menurutnya menjadi tantangan tersendiri. Pihaknya akan berusaha mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Makanya kita survei berapa masyarakat yang terdampak dan kita carikan jalan terbaik untuk semuanya," ucap dia.

Dia menuturkan reaktivasi jalur kereta ini sudah masuk dalam perencanaan. Selain itu, rencana ini juga mendapat sambutan positif dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wali Kota Bandung Oded M Danial yang siap membantu menyukseskan rencana ini.

"(Reaktivasi jalur kereta yang mati ini) barangkali ini bisa diharapkan untuk membantu angkutan transportasi yang dibutuhkan, yang sekarang padat oleh lalu lintas. Kita akan bantu di situ," ujar Edi
(mso/mud)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com