DetikNews
Rabu 26 September 2018, 15:42 WIB

Bandung Mulai Hujan, Oded Minta Kewilayahan Siaga 24 Jam

Tri Ispranoto - detikNews
Bandung Mulai Hujan, Oded Minta Kewilayahan Siaga 24 Jam Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Dokumen humas)
Bandung - Beberapa hari terakhir Kota Bandung kerap diguyur hujan. Pemerintah kini telah siap mengantisipasi segala bentuk kerawanan bencana untuk menghadapi musim hujan.

"Bulan-bulan sekarang diprediksi hujan turun. Saya mengimbau pada masyarakat tentu harus hati-hati meningkatkan kewaspadaan menghadapi musim hujan," ujar Wali Kota Bandung Oded M Danial, Rabu (26/9/2018).

Ia meminta warga mulai melakukan antisipasi dari hal terkecil seperti memastikan atap rumah agar tidak bocor. Selain itu menghindari memarkirkan kendaraan di tempat rawan seperti di bawah pohon atau bangunan tinggi.

Tidak hanya itu Oded pun telah mengeluarkan surat edaran No. 660/SE/083-Bag.Pem tentang Menghadapi Perubahan Musim Kemarau ke Musim Penghujan di Kota Bandung tertanggal Senin 24 September 2018 lalu.

"Saya minta agar di kewilayahan segera membersihkan sedimentasi di sungai-sungai, kemudian gorong-gorong juga. Karena begitu hujan, sampah sudah tidak ada dan bisa membantu tidak terjadi banjir," katanya.

Dalam surat edaran tersebut aparat kewilayahan diminta untuk bersinergi dengan warga menjaga dan mengantisipasi sejumlah kerawanan seperti banjir, longsor, pohon tumbang, kebakaran dan bencana lainnya.

"Pasukan gober, linmas dan satwankar di kewilayahan diatur melaksanakan piket selama 24 jam secara bergantian," tulis Oded dalam poin pertama surat edaran.

Pada poin kedua, Oded meminta aparat kewilayahan melakukan pemeliharaan dan normalisasi saluran air secara rutin. Selanjutnya aparat kewilayahan juga diminta untuk monitoring dan melaporkan kondisi pohon.

Terakhir, Oded meminta seluruh aparat kewilayahan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan pencegahan dan penanganan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama musim penghujan.
(tro/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed