DetikNews
Rabu 26 September 2018, 09:43 WIB

Kalimat Tauhid di Video Pengeroyokan Haringga Hoax

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kalimat Tauhid di Video Pengeroyokan Haringga Hoax Haringga dimakamkan di Indramayu/Foto: Sudirman Wamad
Bandung - Tugas polisi bertambah. Selain memburu oknum Bobotoh lain yang melakukan pengeroyokan terhadap suporter Persija Haringga Sirla (23), polisi juga memburu pengedit ucapan tauhid dalam video sadis aksi pengeroyokan Haringga.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan suara ucapan tauhid dalam video tersebut tidak benar. Pihaknya menduga ada 'tangan jahil' yang mengedit suara dalam video tersebut.

"Dalam video asli enggak ada. Diyakinkan sudah diedit," ujar Truno saat dihubungi, Selasa (25/9).



Keyakinan polisi tersebut merujuk pada alat bukti yang dimiliki polisi. Truno mengatakan dalam alat bukti berupa video yang dimiliki polisi, tidak ada ucapan tauhid yang terdengar.

"Kita juga memiliki alat bukti video. Kita bandingkan dengan milik kita, sampai saat ini tidak seperti itu," kata Truno.

Polisi jelas melakukan penyelidikan dan memburu sang pengedit video tersebut. Video yang terdengar ucapan tauhid, akan diuji secara forensik.

"Kita akan melakukan penyelidikan, Ditreskrimsus melalui tim siber. Kalau masalah dubbing, akan diuji digital forensik," katanya.



Video aksi keji penganiayaan terhadap Haringga di gerbang biru Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung saat laga Persib versus Persija, Minggu (23/9) lalu beredar di media sosial. Dalam video yang beredar, korban diseret setelah lemah. Suara tauhid 'La ila ha illallah' terdengar dalam video.



Tonton juga 'Timnas U-19 dan China Mengheningkan Cipta untuk Haringga':

[Gambas:Video 20detik]


(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed