DetikNews
Senin 24 September 2018, 19:56 WIB

Besok Kota Bandung Genap Berusia 208 Tahun, Ini Harapan Oded

Tri Ispranoto - detikNews
Besok Kota Bandung Genap Berusia 208 Tahun, Ini Harapan Oded Foto: Istimewa
Sukabumi - Besok, Selasa 25 September 2018, Kota Bandung genap berusia 208 tahun. Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-208 bisa menjadi titik awal kepemimpinannya membawa Kota Bandung lebih baik.

"Ulang tahun Kota Bandung ini diharapkan bisa membangkitkan spirit kita, semangat menciptakan Bandung lebih baik," ujar Oded dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (24/9/2018).

Salah satu inspirasinya adalah spirit dari keluarga RA Wiranatakusumah II yang merupakan pendiri Bandung. Spirit itu berupa mengubah hutan belantara menjadi kota berjuluk Paris van Java.

"Dulu Kota Bandung ini tina leuweung geledegan (hutan belantara) jadi sebuah kota. Leluhur kita menata dengan luar biasa hingga sekarang menjadi sebuah kota seperti ini. Itu kan spirit yang harus kita ambil," katanya.

Sementara itu Kabag Humas Setda Kota Bandung Yayan A Brillyana mengatakan tema HJKB kali ini adalah Bandung Semakin Unggul dan Semakin Juara. Tema tersebut diharapkan menjadi motivasi untuk semakin juara seperti visi pemerintahan Oded-Yana yakni Melanjutkan Bandung Juara yang Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis.

"Tagline yang diusung adalah Bandung Sauyunan karena kami ingin membangun kota kembang ini bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat tanpa kecuali," ucapnya.

Soal logo, Flyover Pasupati yang kali ini dipilih. Filosofinya adalah sebuah jembatan bukan sebagai pemisah melainkan pemersatu warga dalam mengedepankan keunggulan dan membuat Kota Bandung semakin juara. Sementara pemilihan warna orange sebagai gambaran warga yang ceria, kreatif dan inovatif.

Yayan mengatakan tujuan diselenggarakannya HJKB adalah untuk mengenang dan melestarikan kebesaran peran sejarah Kota Bandung sebagai kota perjuangan. Selain itu untuk menumbuhkan kesadaran, semangat dan rasa memiliki Kota Bandung sekaligus menumbuhkan partisipasi, inovasi dan kreativitas.

"Untuk rangkaian acaranya, tadi pagi telah dilaksanakan ziarah ke makam leluhur pendiri Kota Bandung. Besok, akan upacara puncak peringatan HJKB. Kemudian dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa," jelas Yayan.
(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed