DetikNews
Senin 24 September 2018, 19:42 WIB

Rekapitulasi KPU, Petahana Menang PSU Pilwalkot Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Rekapitulasi KPU, Petahana Menang PSU Pilwalkot Cirebon Ketua KPU Kota Cirebon Emirzal Hamdani/Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Pasangan nomor urut dua yang juga petahana di Pilwalkot Cirebon, Nasrudin Azis-Eti Herawati ditetapkan sebagai pemenang dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilwalkot Cirebon.

Azis-Eti berhasil mengungguli pesaingnya Bamunas Budiman-Effendi Edo. Hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Kota Cirebon, Azis-Eti meraih 2.997 suara. Sedangkan Bamunas-Edo meraih 2.943 suara pada PSU Pilwalkot Cirebon yang digelar Sabtu (22/9/2018) kemarin.

"Hari ini kami merekapitulasi surat suara dari 24 TPS yang tersebar di empat kecamatan. Dari 24 TPS itu pasangan nomor satu meraih 2.943 suara. Sedangkan pasangan nomor urut dua meraih 2.997 suara," kata Ketua KPU Kota Cirebon Emirzal Hamdani kepada awak media usai rekapitulasi suara PSU Pilwalkot Cirebon di kantor KPU Kota Cirebon, Senin (24/9/2018).

Emirzal menyebutkan total suara sah dalam pelaksanaan PSU Pilwalkot Cirebon mencapai 5.950 suara. Sedangkan untuk surat suara yang tidak sah hanya 151.

"Total surat suara yang digunakan 6.091 surat suara dari 24 TPS. Hasil rekapitulasi ini akan diserahkan ke MK, paling lambat tujuh hari setelah ini," ucapnya.



Lebih lanjut, Emirzal menyebutkan untuk tingkat partisipasi pemilih dalam pelaksanaan PSU ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan pemungutan suara pada 27 Juni silam. Lagi, dikatakan Emirzal, tingkat partisipasi pemilih dalam PSU lalu mencapai 70,96 persen.

"Pada 27 Juni lalu, di 24 TPS ini tingkat partisipasinya mencapai 70,67 persen. Sekarang mencapai 70,96 persen. Ada peningkatan sekitar 0,3 persen," kata Emirzal.



Sekadar diketahui, Pilwalkot Cirebon diramaikan dua pasangan calon yakni Bamunas Budiman-Effendi Edo dan Nasrudin Azis-Eti Herawati. Pasangan Bamunas-Edo diusung oleh PDI Perjuangan, Golkar, dan PPP. Sementara itu, pasangan Azis-Eti diusung oleh lima partai, yakni Demokrat, Nasdem, PKB, Hanura, dan PKPI. Pasangan nomor urut dua yang juga petahana ini berhasil mengungguli pesaingnya, Bamunas Budiman-Effendi Edo. Azis-Eti berhasil meraih kemenangan dengan raihan 80.496 suara. Sementara, Bamunas-Edo meraih 78.511 suara.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed