DetikNews
Sabtu 22 September 2018, 19:19 WIB

Partisipasi Pemungutan Suara Ulang Pilwalkot Cirebon di 24 TPS Naik

Sudirman Wamad - detikNews
Partisipasi Pemungutan Suara Ulang Pilwalkot Cirebon di 24 TPS Naik Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat/Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Tingkat partisipasi pemilih dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilwalkot Cirebon mengalami peningkatan dibandingkan dengan pemungutan suara sebelumnya. PSU digelar di 24 TPS yang berada di empat kecamatan.

Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat menyebutkan tingkat paritispasi pemilih di 24 TPS tersebut mengalami peningkatan sekitar empat persen dibandingkan dengan pemungutan suara sebelumnya pada Pilwalkot Cirebon lalu. Namun Yayat mengaku belum mendapat laporan angka pasti jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya.

"Dibandingkan dengan pemungutan pada 27 Juni lalu, di 24 TPS itu mengalami peningkatan sekitar tiga sampai empat persen. Tadi saya sempat tongkrongin beberapa TPS," ucap Yayat saat ditemui detikcom di kantor KPU Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (22/9/2018).

Partisipasi Pemungutan Suara Ulang Pilwalkot Cirebon di 24 TPS NaikFoto: Sudirman Wamad




Yayat mengaku senang dengan meningkatnya tingkat partisipasi pemilih dalam PSU Pilwalkot Cirebon. Yayat mengaku biasanya terjadi penurunan tingkat partisipasi pemilih dalam pelaksanaan PSU.

"Sosialiasi KPU berarti berhasil. Saya pernah saksikan PSU di tempat lain, tingkat partisipasinya menurun cukup signifikan. Tapi, di sini (Kota Cirebon) tingkat partisipasinya naik," kata Yayat.

Yayat menambahkan sejauh ini proses pelaksanaan PSU Pilwalkot Cirebon berjalan dengan kondusif. "Saya pantau di beberapa PSU, secara umum kondusif dan berjalan dengan lancar," ucapnya.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed