DetikNews
Kamis 20 September 2018, 10:23 WIB

Warga Cianjur Amankan Petugas Program Keluarga Harapan Gadungan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Warga Cianjur Amankan Petugas Program Keluarga Harapan Gadungan Warga amankan petugas PKH gadungan (Foto: Istimewa)
Cianjur - Upaya penipuan mengatasnamakan petugas pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) berhasil digagalkan warga Cianjur, Jabar. Pelaku saat ini diamankan di Mapolsek Cianjur.

Peristiwa ini bermula saat pelaku berinisial M mendatangi kediaman salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH di Kampung Babakanrenyom, Desa Nagrak, Kecamatan/Kabupaten Cianjur pada Rabu (19/9/2018).

Di tempat itu M menanyakan soal administrasi dan kelengkapan dokumen keluarga milik KPM. Ketika menemukan ada KPM yang administrasinya tidak lengkap pelaku mengancam akan mencoret namanya dari daftar penerima manfaat.

"Saat itu ada KPM yang mungkin merasa tertekan kemudian melapor kepada ketua kelompoknya. Ketua kelompok lalu menghubungi saya, saat itu juga saya meminta warga untuk menahan pelaku," kata Rival Afgani, petugas Pendamping Sosial Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur kepada detikcom, Kamis (20/9/2018).

Singkat cerita Rival tiba di lokasi, melihat kedatangan petugas PKH yang asli warga kemudian berdatangan dan mengepung pelaku. Pelaku panik, hingga akhirnya pasrah saat dibawa ke kantor polisi.

"Saya sempat heran, karena pelaku punya data sangat detil soal keluarga penerima PKH entah dia dapat dari mana. Tidak hanya mengancam, pelaku juga diketahui sering menjanjikan keluarga yang tidak masuk ke dalam PKH bisa menerima manfaat asalkan memberikan sejumlah uang," ungkap dia

"Untung saja warga tanggap dan sigap melapor, sehingga aksinya berhasil di gagalkan. Beberapa warga yang kesal juga sempat menghakimi pelaku saat dibawa ke Polsek Cianjur," menambahkan

Kapolres Cianjur AKBP Soliyah hingga saat ini belum memberikan jawaban, sejumlah pertanyaan yang dikirim detikcom melalui aplikasi pesan singkat.




Tonton juga 'Lagi Pungli di Flyover Casablanca, Polisi Gadungan Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]


(sya/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed