DetikNews
Rabu 19 September 2018, 16:37 WIB

6 Kepala Daerah Dilantik, Sekda Jabar: Mohon Maaf Jalanan Macet

Mochamad Solehudin - detikNews
6 Kepala Daerah Dilantik, Sekda Jabar: Mohon Maaf Jalanan Macet Gedung Merdeka Bandung. (Foto: Agung Pambudhy)
Bandung - Enam pasang kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada Serentak Juni 2018 lalu akan dilantik oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kamis (20/9/2018). Usai pelantikan mereka akan diarak menggunakan delman menuju Gedung Sate.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengungkapkan pelantikan enam pasang kepala daerah tersebut akan digelar di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Upacara pelantikan akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, Kamis (20/9/2018) besok.

Untuk kepala daerah yang akan dilantik terdiri dari, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi-Tri Adhianto, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial-Yana Mulyana, Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Sukabumi Ahmad Fahmi-Andri Setiawan Hamami, Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat Aa Umbara-Hengky Kurniawan, Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika-H Aming terakhir Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir-Erwan Setiawan.

"Alhamdulillah surat dari Kemendari sudah kita terima dan sudah diserahkan kepada Pak Gubernur yang nanti akan memimpin langsung proses pelantikan," kata Iwa di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (19/9/2018).

Upacara pelantikan kali ini, kata Iwa, dibuat secara istimewa. Sejumlah tarian tradisional asal Jabar tampil dalam prosesi tersebut. Selain itu, para kepala daerah terpilih akan melaksanakan historical walk dari Hotel Savoy Homan menuju Gedung Merdeka.

Setelah upacara selesai, para kepala daerah dan juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan diarak menggunakan delman hias dari Gedung Merdeka menuju Gedung Sate.

Sementara kepala Muspida dari provinsi dan kabupaten kota akan ikut mengiringi di belakang dengan menggunakan Bandros. "Ada 14 delman hias untuk bupati dan wali kota, pak gubernur dan pak wagub. Saya beserta Muspida di Bandros ada tujuh mobil Bandros," ucap Iwa.

Menurut dia, arak-arakan akan melintasi sejumlah jalan protokol di Kota Bandung. Mulai dari Gedung Merdeka, Cikapundung, Jalan Braga, Jalan Viaduct, Jalan Wastukancana, Jalan Riau, Jalan Dago, Jalan Diponegoro hingga Gedung Sate.

"Setelah pengecekan kantong parkir sudah siap. Alhamdulillah sampai saat ini evaluasi terakhir sudah siap," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Iwa menyampaikan permohonan maaf lantaran akan terjadi gangguan lalu lintas selama proses acara berlangsung. "Saya sampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Kota Bandung dalam prosesi pelantikan tentu jalan-jalan akan terjadi sedikit kemacetan, mohon maklum. Upacara rencana dimulai pukul 09.00 WIB sampai 10.30 WIB," tutur Iwa.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Pemprov Jabar Emma Kusumah menambahkan, sebelum pelantikan para kepala daerah terlebihdulu akan melakukan historical walk dari Hotel Savoy Homan menuju Gedung Merdeka.

"Secara filosofis historical walk di sini untuk mengingatkan sejarah," kata Emma.

Dia menjelaskan ada sekitar 1.800 tamu undangan yang akan hadir. Untuk pejabat di tingkat pusat belum diketahui menghadiri upacara pelantikan atau tidak.

"Kita sudah kirimkan undangannya, tapi kita belum tahu akan hadir atau tidak. Terus undangan ada 1.200 untuk pelat merah bisa masuk ke dalam Gedung Merdeka dan 600 untuk pelat hijau kita siapkan tenda di Jalan Sukarno," ucap Emma.



Tonton juga '9 Gubernur Terpilih Dilantik Jokowi di Istana':

[Gambas:Video 20detik]


(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed