DetikNews
Rabu 19 September 2018, 15:48 WIB

Lahan Seluas 87 Hektare di Gunung Ciremai Terbakar

Sudirman Wamad - detikNews
Lahan Seluas 87 Hektare di Gunung Ciremai Terbakar Kebakaran lahan di Gunung Ciremai Kuningan. (Foto: dok.Taman Nasional Gunung Ciremai)
Kuningan - Kebakaran melanda hutan dan lahan seluas 87 hektare di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Tim gabungan dari TNGC, BPBD, TNI, Polri, pecinta alam, dan lainnya bergerak memadamkan api.

Humas Badan TNGC Agus Yudantara mengatakan kebakaran hutan dan lahan di Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, itu terjadi sejak Selasa (18/9) siang. Hingga saat ini tim gabungan masih dikerahkan untuk memantau pergerakan api.

"Lahan yang terbakar sekitar 87 hektare di timur TNGC. Kondisi lahannya itu semak belukar dan bebatuan. Kita sudah membangun posko sesuai kesepakatan tadi malam, di pondok Lambosir kawasan TNGC," kata Agus dalam keterangan yang diterima detikcom, Rabu (19/9/2018).

Dia menyebutkan pihaknya membuat sekat bakar dan melakukan proses pemadaman manual dengan menggunakan jet shooter, cangkul, golok, dan alat lainnya. "Tadi pagi memang sempat turun hujan. Kondisi ini memang membantu proses pemadaman," katanya.

Lokasi kebakaran tersebut masuk dalam Leuweung Kiara, Ciula, Lemah Neundeut yang masuk dalam kawasan TNGC di Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin mengatakan saat ini pihaknya masih memantau pergerakan titik api. Agus menyebutkan sekitar 60 hektare lahan sudah berhasil dipadamkan.

"Kita masih standby, khawatir api muncul lagi. Yang sudah padam sekitar 60 hektare," kata Agus melalui pesan singkatnya.




Tonton juga 'Diterjang Angin Kebakaran di Gunung Wilis Cepat Merembet':

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed