DetikNews
Selasa 18 September 2018, 21:41 WIB

Ini Rangkaian Prosesi Pelantikan 6 Kepala Daerah di Jabar

Tri Ispranoto - detikNews
Ini Rangkaian Prosesi Pelantikan 6 Kepala Daerah di Jabar Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot Bandung Kamalia Purbani saat menyampaikan keterangan acara pelantikan 6 kepala daerah. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Enam pasangan bupati dan wali kota terpilih akan dilantik oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Pelantikan para kepala daerah tersebut berlangsung Kamis 20 September 2018,

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot Bandung Kamalia Purbani mengatakan sebelum masuk ke Gedung Merdeka nantinya enam pasangan tersebut akan berjalan dari Hotel Savoy Homann.

"Nanti kepada daerah itu melakukan historical walk dari Hotel Savoy Homann menuju Gedung Merdeka," ucap Kamalia dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (18/9/2018).

Selama historical walk berlangsung sepanjang jalan akan diiringi oleh para mojang-jajaka yang berasal dari masing-masing daerah. Selain itu ada juga rangkaian dari Paskibra Pemprov Jabar.

Sesuai jadwal, historical walk akan berakhir di Gedung Merdeka sekitar pukul 9.00 WIB. Acara akan dilanjutkan dengan pelantikan di dalam gedung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Proses (pelantikan) berlangsung sekitar 1,5 jam mulai dari pembacaan, pengambilan sumpah dan sebagainya. Diperkirakan selesai pukul 10.30 WIB," katanya.

Usai pelantikan, para kepala daerah akan diarak menggunakan delman menuju Gedung Sate. Sebanyak 14 delman akan diisi pasangan bupati dan wali kota yang dilantik bersama pasangannya.

"Rute arak-arakannya Gedung Merdeka, Cikapundung, Braga, Wastukancana, Riau, Dago, Diponegoro dan berakhir di Gedung Sate," ucapnya.

Sementara untuk Forkompinda akan ikut iring-iringan di belakang delman. Bedanya, mereka akan menggunakan tujuh unit Bandung Tour On Bus (Bandros) menuju Gedung Sate.

Khusus untuk serah terima jabatan Wali Kota Bandung dari Ridwan Kamil ke Oded M Danial akan disesuaikan. Hal itu mengingat Ridwan Kamil sudah memiliki kesibukan berbeda sebagai gubernur Jabar.

"Rencananya, Jumat (21/9/2018) atau Selasa (25/9/2018) pas Hari Jadi Kota Bandung (HJKB). Opsi lain yaitu pada Kamis (27/9/2018). Kita berikan opsi itu, pertimbangan usulan dewan dan menyesuaikan agenda Gubernur juga pimpinan," ujar Kamalia.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed