Disidak Ombudsman, Nazaruddin Nongkrong di Kamar Novanto

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 14 Sep 2018 13:50 WIB
Pihak Ombudsman menggelar sidak di Lapas Sukamiskin Bandung, Kamis (13/9) malam. (Foto: istimewa)
Bandung - Ombudsman RI menggelar sidak ke Lapas Sukamiskin Bandung. Saat sidak pada Kamis (13/9) malam, Ombudsman memergoki M. Nazaruddin tengah nongkrong dengan Setya Novanto.

"Waktu kami datang semalam, dia (Setya Novanto) lagi duduk-duduk ramai sama Nazaruddin," ujar anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Jumat (14/9/2018).


Saat sidak, Ninik yang memimpin anggota lainnya melihat mantan ketua DPR RI dan eks bendahara Partai Demokrat itu lagi berduaan dalam kamar.

"Diamnya di kamar Pak Setya Novanto. Sekitar jam sepuluh malam," ucapnya.

Ninik mengatakan saat sidak ke Lapas Sukamiskin, pihaknya memang menemukan ada hal yang tidak patut dilakukan. Salah satunya pintu kamar masing-masing napi tidak digembok oleh petugas dari luar.


Padahal, menurut Ninik, berdasarkan standar operasional prosedur (SOP), pintu kamar harus digembok dari luar. Hal ini membuat para penghuni leluasa keluar masuk kamar.

"Temuan yang tidak patut ada perlakuan berbeda, misalnya standar operasional prosedur di dalam Lapas pukul lima (sore) ditutup (kamarnya), di depannya (kamar) digembok. Hunian Sukamiskin enggak digembok masing-masing kamar. Digemboknya di blok saja, jadi leluasa. Nah ini saya kira perlu menjadi masukan," tutur Ninik.

Baca Juga: Ada 'Presiden' di Lapas Sukamiskin (dir/bbn)