DetikNews
Rabu 12 September 2018, 18:22 WIB

Begini Penampakan Tugu 'Meong' Sukabumi Sebelum Raib

Syahdan Alamsyah - detikNews
Begini Penampakan Tugu Meong Sukabumi Sebelum Raib Penampakan tugu meong sebelum raib (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi - Warganet di Sukabumi heboh dengan hilangnya patung macan di atas tugu di Jalan Raya Cianjur - Sukabumi. Patung macan itu hilang keberadaanya setelah adanya perbaikan taman di sekitar tugu.

Patung yang dikenal dengan sebutan meong dalam bahasa daerah itu hilang sekitar satu bulan yang lalu. Warga mengaku sudah menerima laporan soal tugu berikut meongnya sedang diperbaharui oleh kontraktor.

Patung meong yang hilang berwarna kuning loreng hitam, bentuknya panjang dan berada di bawah patung pejuang yang menenteng senjata dan mengacungkan pedang ke arah langit.


Menurut warga kedua patung itu saling berkaitan dengan sejarah perjuangan pahlawan dan warga setempat melawan penjajah Belanda di masa silam.

"Sudah ikonik, sudah lazim mendapat sebutan tugu meong berpuluh-puluh tahun yang lalu sekarang hilang masa harus diganti nama lain kan lucu," kata Saepul Alam (40) warga Sukalarang kepada detikcom, Rabu (12/9/2018).

Alam mengaku kecewa patung meong kebanggaan warga itu dicopot begitu saja. Padahal menurut dia harusnya kontraktor lebih dulu koordinasi dengan tokoh masyarakat dan warga.

"Harusnya kalau memang diganti ya patung lama biarkan saja dulu, ini tiba-tiba hilang otomatis kami protes. Kata pihak Muspika nanti akan diganti patung baru selama 60 hari, ini sudah 30 hari kalau sampai lewat maka saya dan kawan-kawan akan melakukan aksi protes atau kalau memang meong itu ternyata tidak diganti kita yang akan patungan," ujar Alam




Tonton juga 'Kocak! Kumpulan Meme Patung Macan Koramil':

[Gambas:Video 20detik]


(sya/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed