DetikNews
Rabu 12 September 2018, 17:48 WIB

Apa Solusi Pemkot Bandung soal Rumah Pak Eko Terblokade?

Tri Ispranoto - detikNews
Apa Solusi Pemkot Bandung soal Rumah Pak Eko Terblokade? Plt Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Tri Ispranoto)
Bandung - Polemik rumah Eko Purnomo yang terblokade tembok tetangganya masih bergulir. Padahal sudah berulang kali menjajaki proses mediasi sejak masih dipimpin Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Persoalan ini sebenarnya sudah ditangani sejak tahun 2016 lalu. Saat itu Eko sempat melayangkan surat ke Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk meminta mediasi. Namun tak digubris dan Oded yang masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung melayaninya.

"Mang (Oded) ingat waktu itu ada mediasi tapi hasilnya buntu. Itu kasus antar warga sehingga pemerintah hanya bisa memediasi. Intinya mah buntu soal harga," kata Oded kepada wartawan di Pendopo Kota Bandung, Rabu (12/9/2018).


Dia mengaku tak bisa terlalu jauh mencampuri apalagi mengintervensi kasus tersebut. Sebab semua pihak mengantongi keabsahan atas kepemilikan tanah, sehingga kasus ini murni antara warga.

"Ada catatan bahwa saat Pak Rahmat akan membangun rumah, kemudian dipanggil oleh Pak Lurah Pasirjati. Saat itu Pak Eko berkata pada Lurah Pasirjati bahwa dia mempersilakan Pak Rahmat untuk membangun karena itu hak," ungkap dia.


Sementara itu Camat Ujungberung Taufik mengatakan hasil mediasi Rabu pagi tadi menyerahkan polemik ini kepada masing-masing.

"Pertama apakah tanah Pak Eko akan dibeli oleh Pak Rahmat atau Pak Yana dengan harga Rp 150 juta. Kedua apakah legowo dengan memberikan jalan. Ketiga, Pak Eko mau membeli lahan untuk jalan. Itu hasil mediasi yang kita fasilitasi pagi tadi," ujar Taufik.



Tonton juga 'Pengakuan Eko soal Awal Mula Rumahnya Dikepung Tembok Tetangga':

[Gambas:Video 20detik]


(tro/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed