DetikNews
Rabu 12 September 2018, 13:04 WIB

Panwaslu Temukan Ribuan Pemilih Ganda di Tasikmalaya

Deden Rahadian - detikNews
Panwaslu Temukan Ribuan Pemilih Ganda di Tasikmalaya Panwaslu Tasikmalaya temukan ribuan pemilih ganda (Foto: Deden Rahadian)
Tasikmalaya - Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya menemukan indikasi 8.862 pemilih ganda untuk Pemilu 2019 mendatang. Temuan tersebut sudah dilaporkan ke KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Djuanda mengatakan indikasi pemilih ganda ini tersebar hampir di seluruh kecamatan. Hal ini berdasarkan pengamatan Panwaslu di lapangan dua pekan terakhir.

Selain identik nama dan tanggal lahir, alamat serta nomor induk kependudukan (NIK juga ditemukan yang ganda.

"kita temukan gandanya itu ada satu NIK dengan beberapa nama. Ada juga identik nama," kata Dodi kepada wartawan, Rabu (12/9/2018).

Tidak hanya ditemukan pemilih ganda, Panwaslu juga menemukan adanya 300 warga yang belum memenuhi syarat mendapat hak pilih tetapi masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Ada juga 72 orang yang sudah memenuhi syarat tetapi tidak masuk dalam DPT," ungkap dia.

Dia mengaku sudah melayangkan surat kepada KPU Kabupaten Tasikmalaya untuk melakukan perbaikan."Kita sudah layangkan rekomendasi ke KPU untuk segera diperbaiki seluruh temuan kita," ujar Dodi

Sementara itu KPU Kabupaten Tasikmalaya menyatakan segera melakukan verifikasi faktual DPT ganda tersebut. Seluruh penyelenggara pemilu hingga tingkat desa akan diberdayakan.

"Yah kami menerima laporan dpt ganda dari Panwaslu. Segera kami perbaiki," ungkap Iip Miftahul Paos Komisioner KPU Tasikmalaya.
(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed