DetikNews
Minggu 09 September 2018, 12:57 WIB

DLHK Karawang Gandeng Polisi Buru Pembuang Limbah Medis

Luthfiana Awaluddin - detikNews
DLHK Karawang Gandeng Polisi Buru Pembuang Limbah Medis Tumpukan limbah medis di Karawang (Foto: Istimewa)
Karawang - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang menelisik pencemaran limbah medis di kawasan konservasi mangrove, pesisir utara Karawang. Penelusuran dilakukan bersama Unit Tipiter Polres Karawang.

"Wasdal LHK dan Tipiter Polres udah meluncur dan akan ditelusuri sampai sumbernya, suatu Rumah Sakit di Bekasi," kata Wawan Setiawan, Kepala DLHK Karawang kepada detik via telepon, Minggu (9/9/2018).

Tumpukan limbah medis itu diduga bersumber dari Rumah Sakit Budi Asih Bekasi. Sebab, dalam salah satu plastik berisi limbah, warga juga menemukan nota dan faktur atas nama seorang pasien Rumah Sakit Budi Asih Bekasi.

"Kita telusuri dan kejar sampai ke sumbernya. Mereka harus tanggung jawab biar tidak mengulangi perbuatannya, kita juga bekerjasama dengan Tipiter Polres Karawang," ungkap dia.


Wawan menuturkan limbah medis tidak boleh dibuang sembarangan, apalagi di sungai kawasan konservasi yang dekat dengan laut. Selain berbahaya, bercak - bercak darah dari limbah tersebut juga mesti diwaspadai.

"Ini sudah termasuk pencemaran lingkungan. Tidak bisa dibiarkan," Tegas Wawan.

Limbah medis diduga punya salah satu RS di Bekasi (Foto: Istimewa)

Sebelumnya, sejumlah warga yang sedang olahraga pagi menemukan tumpukan plastik berisi limbah medis di sungai dekat hutan bakau, Pantai Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar, Minggu pagi (9/9/2018).

"Tumpukan limbah ini menjijikan. Ada bercak darah dari jarum suntik bekas, kapas bekas, kantung darah dan sarung tangan plastik," kata Wanusuki, warga setempat.

Menurut Wanusuki, tumpukan limbah ini kemungkinan dibuang pada malam hari. "Kami temukan tumpukan limbah ini pagi - pagi. Setahu saya semalam tidak ada yang berserakan di sana," kata Wanusuki.
(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed