DetikNews
Jumat 07 September 2018, 22:36 WIB

Panjat SUTET untuk Bunuh Diri, Pemuda di Cirebon Bikin Geger

Sudirman Wamad - detikNews
Panjat SUTET untuk Bunuh Diri, Pemuda di Cirebon Bikin Geger Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Warga Kota Cirebon digegerkan dengan adanya percobaan bunuh diri yang dilakukan seorang pria. Pemuda yang diketahui bernama Rio (21) itu nekat memanjat saluran tegangan ekstra tinggi (sutet) di Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat. Ia bertahan sekitar 3,5 jam hingga akhirnya berhasil diselamatkan.

Rio nekat memanjat sutet hingga ketinggian sekitar 25 meter dengan membawa pisau. Aksi nekat Rio itu menjadi tontonan masyarakat. Koordinator Lapangan BPBD Kota Cirebon Asep Kurniadi mengaku sekitar pukul 17.30 WIB mendapat laporan dari warga sekitar sutet terkait aksi nekat Rio.

"Sejak sore itu kata warga pria ini sudah keliling-keliling di sekitar sutet. Tadi coba bujuk dari bawah, dirayu-rayu. Namanya Rio," ucap Asep kepada detikcom di lokasi kejadian, Jumat (7/9/2018).

Asep menjelaskan Rio sempat melukai dirinya dengan sebilah pisau. Asep bersama petugas lainnya mencoba membujuk Rio agar tak jadi bunuh diri. Petugas pun berhasil merayu Rio.

Dramatis, Pemuda Cirebon Ini Berhasil Diselamatkan Saat akan Bunuh DiriFoto: Sudirman Wamad


"Pisaunya dilempar. Sudah berhasil kita rayu," ucap Asep.

Setelah berhasil dirayu, salah seorang warga sekitar Irawan Harimurti (30) langsung memiliki inisiatif untuk menolong Rio. Irawan datang ke lokasi dengan peralatan lengkap untuk memanjat. Irawan pun mencoba membujuk Rio agar turun dari sutet.

Bujukan irawan rupanya mengena di hati Rio. Butuh waktu dua jam untuk membujuk Rio agar turun dari sutet. Sekitar pukul 21.00 WIB, Irawan dan petugas SAR gabungan berhasil menurunkan Rio.

"Sekitar pukul 19.00 WIB saya naik. Membujuknya agar tak jadi loncat. Tadi pengen loncat katanya. Alhamdulillah dibujuk akhirnya mau kita selamatkan. Namanya Rio, katanya tinggal di Klayan, Cirebon," ucapnya.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed